Menu

Kesadaran Warga Pasang Bendera Rendah

  Dibaca : 423 kali
Kesadaran Warga Pasang Bendera Rendah
MASIH MINIM— Pemasangan bendera merah putih di jalan raya Kuranji masih minim. Terlihat hanya marawa baralek yang terpasang di pinggir jalan.

KURANJI, METRO
Meski perayaan HUT 17 Agustus sudah semakin dekat, gegap gempita perayaannya tak kunjung terlihat. Saat ini, kemeriahan warga memasang bendera masih minim.

Pantauan POSMETRO di sepanjang jalan raya Kuranji boleh dikatakan masih sedikit warga yang memasang bendera di depan rumah atau kedai-kedai mereka. Hal ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Jika tahun sebelumnya, sejak perayaan HUT Kota Padang saja yang terpaut 10 hari dengan HUT RI, bendera dan umbul sudah ramai di pinggir-pinggir jalan. Bahkan bendera-bendera dari plastik pun ramai dibentangkan di sepanjang jalan. Namun saat ini nyaris sepi.

“Mungkin suasana masih corona, jadi perayaan HUT RI masih kurang,” ujar Wanda (27), salah seorang warga.

Wanda mengharapkan pihak terkait kembali menggiatkan sosialisasi agar masyarakat segera pasang bendera untuk menghormati dan memeriahkan HUT RI yang dirayakan pada 27 Agustus 2020 nanti. “Sepertinya perlu diingatkan lagi,” tandasnya.

Warga lainnya, Devi (32) menilai, semangat nasionalisme masih minim di kalangan masyarakat. Perlu adanya sosialisasi rutin ajar jiwa nasionalisme terukir di setiap hati masyarakat. “Ini kan hari kemerdekaan kita. Ya harus dihormati. Karena menyangkut perjuangan para pejuang untuk mendapatkan kemerdekaan,” tandasnya.

Wali Kota Padang Mahyeldi mengingatkan warga Kota Padang agar segera memasang bendera di lingkungan masing-masing. Hal ini adalah sebagai bentuk sikap nasionalisme sebagai warga yang telah menikmati kemerdekaan hasil perjuangan para pejuang.

“Kita hanya menikmati kemerdekaan saja, sementara pejuang dulunya berdarah-darah memperjuangkannya. Saya rasa kita harus menunjukan jiwa nasionalisme kita,” tandas Mahyeldi.

Untuk diketahui, pemerintah pusat meminta masyarakat untuk mulai mengibarkan bendera Merah Putih secara serentak mulai 1 Agustus 2020 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, seluruh lembaga negara, para menteri, hingga kepala daerah untuk mengibarkan bendera Merah Putih hingga 31 Agustus.

Untuk diketahui, berdasarkan Pasal 7 Ayat (3) Undang-undang Nomor 214 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan disebutkan, bendera negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus.

“Bendera negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus oleh warga negara yang menguasai hak penggunaan rumah, gedung atau kantor, satuan pendidikan, transportasi umum, dan transportasi pribadi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan di kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri,” begitu bunyi pasal tersebut. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional