Menu

Kerugian Terbakarnya Lapas Kelas I Tangerang Ditaksir Rp 1,5 Miliar

  Dibaca : 126 kali
Kerugian Terbakarnya Lapas Kelas I Tangerang Ditaksir Rp 1,5 Miliar
FOTO UDARA— Foto udara pasca kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang kemarin. Dugaan sementara, pemicu kebakaran adalah korsleting listik.

JAKARTA, METRO–Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan, negara mengalami kerugian sebesar Rp 1,5 miliar dari Lapas Kelas I Tangerang yang terbakar. Direktur Barang Milik Negara DJKN Kementerian Keuangan Encep Sudarwan mengatakan, hal tersebut karena Lapas tersebut belum diasuransikan.

Encep mengungkapkan, adapun keseluruhan aset di Lapas Tangerang sebesar Rp 48 miliar. Kerugian tersebut berdasarkan koordinasi pengecekan bersama Kemenkumham.

“Sayangnya lapas itu belum diasuransikan. Ada aset di sana kalau kompleksnya sendiri nilainya sekitar Rp 48 miliar. Tapi yang kena kebakaran menurut cek nilainya sekitar Rp 1,5 miliar dan ditambah dengan peralatan mesin sekitar Rp 75 juta, ya sekitar Rp 1,5 miliar,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu (10/9).

Meskipun begitu, lanjut Encep, besaran kerugian ter­sebut masih akan dilakukan pengecekan kembali. “Belum fi­nal. Jadi, saya masih kasih gam­baran aja,” ucapnya.

Encep menyebut, akibat dari insiden itu, pemerintah akan menyiapkan kebutuhan untuk pembangunan lapas berupa Ba­rang Milik Negara (BMN) yang berbentuk tanah kosong dan berlokasi di wila­yah Jabodetabek. “Ternyata memang kami harus me­nyiapkan jadi ada BMN be­rupa tanah kosong yang su­dah ada di kami yang kami siapkan untuk pemba­ngunan lapas di Jabodetabek maupun di luar wilayah ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Lapas Kelas I Tangerang yang kebakaran mengalami kelebihan kapasitas 400 persen. Ada 2.072 orang yang menghuni, di mana 44 orang meninggal dunia akibat kebakaran itu. (jpg)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional