Close

Kerja Sama Antar Daerah Dapat Mendorong Kemajuan  Bersama

Sosialisasi penanggulangan kebakaran oleh petugas Damkar di Lapas Kelas II Solok.

SOLOK, METRO–Kota Solok bersama daerah lain di Sumatra Barat sepa­kat menjalin kerjasama deng­an pemerintahan provinsi Sumatra Barat. Kerjasama antar daerah itu ditandai deng­an penandatangan ke­sepakatan bersama yang dilakukan Wali Kota Solok, Zul Elfian di ruangan kerja Wali Kota Solok.

Terkait penandatangi ke­sepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, Zul Elfian menilai kerja sama antar daerah itu diharapkan dapat mendorong kemajuan daerah secara bersama sama.

Zul Elfian menyambut baik langkah yang dilakukan Pemerintah Provinsi Suma­tera Barat melalui Biro Peme­rintahan, karena hal ini yang dibutuhkan oleh Kota/Kabupaten. Dengan kerjasama ini semuan daerah akan bersi­nergi dalam kerangka otonomi daerah.

“Kita menyambut baik langkah ini. Dengan adanya kerjasama antar daerah akan lebih mendorong perkem­bangan daerah dengan sega­la potensinya,” harapnya.

Sebelumnya Kabiro Pemerintahan yang diwakili Kasubbag Evaluasi Pelaksanaan Kerja Sama Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Pro­vinsi Sumatera Barat, Yuanda Ogi Pramana, S.IP, M.H bersama Kasubbag Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan, Qadriansyah, sempat menjelaskan kepada  Wali Kota Solok terkait maksud kerjasama tersebut.

Dijelaskan maksud Kesepakatan Bersama ini nantinya menjadi acuan bagi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk me­lakukan kerja sama sesuai urusan pemerintahan yang telah menjadi kewenangan daerah otonom.

Kerjasama ini dapat berupa penyediaan pelayanan publik sesuai ketentuan pe­raturan perundang-undangan. Disamping itu juga bertujuan untuk mengintegrasikan dan mengoptimalkan pengelolaan potensi dan sum­ber daya yang ada secara efektif dan efisien guna meningkatkan kemampuan kinerja Pemerintah Daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Dan kerjasama ini dalam mengemban tugas fungsi dan misi untuk mendukung peningkatan pembangunan nasional, daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Di setiap daerah banyak potensi daerah yang perlu mendapat perhatian serius agar lebih bermanfaat. Dalam mengembangkan potensi daerah menurut Zul Elfian butuh berbagai kerjasama dengan daerah lain. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top