Menu

Kerap Macet, Penyempitan Jalan di Kalawi Diaspal

  Dibaca : 94 kali
Kerap Macet, Penyempitan Jalan di Kalawi Diaspal
PENGASPALAN— Dinas PUPR Kota Padang melakukan pengaspalan di salah satu titik di kawasan Kalawi yang sering macet karena adanya penyempitan jalan.

KALAWI
Penyempitan jalan yang ada di ruas Ampang-Kalawi di Kecamatan Kuranji, sudah dilakukan pengaspalan. Pengaspalan dilakukan Dinas PUPR Kota Padang telah membuat lega para pengguna jalan. Selama ini, jalan Ampang-Kalawi ini kerap terjadi macet. Penyempitan jalan menjadi salah satu faktor penyebab. “Alhamdulillah tidak macet lagi di sini,” ujar salah seorang pengguna jalan, Riko, Minggu (15/11).

Ia mengungkapkan, biasanya jalur Ampang-Kalawi selalu langganan macet. Apalagi di Simpang Kalawi merupakan titik putar balik (u-turn). Macet kerap terjadi pada waktu sore hari, saat jam pulang kantor.

“Sekarang sudah lapang, biasanya di sini bergendincit kalau sore, untuk bisa sampai ke Bypass memakan waktu lama,” sebut pengendara lain, Mulyadi.

Kepala Dinas PUPR Kota Padang, Yenni Yuliza mengungkapkan, pengaspalan dilakukan pada 5 November lalu. Panjang jalur yang diaspal tidak sampai 100 meter.

“Tidak sampai 100 meter, tapi berpengaruh besar bagi kelancaran arus lalu lintas di sini,” tukasnya.

Yenni mengimbau warga untuk ke depannya sama-sama menjaga dan merawat jalur yang telah diaspal. Tidak saja di kawasan Ampang-Kalawi, tetapi di tempat lain yang jalurnya sudah ditingkatkan dengan pengaspalan.

“Mari kita jaga agar tahan lama, sehingga tidak lagi cepat berlobang dan rusak,” ajaknya.

Selama ini, jalan Ampang – Kalawi kerap terjadi macet. Penyempitan jalan menjadi salah satu faktor penyebab. Praktis sejak pekan lalu tidak terjadi lagi macet di jalur evakuasi tsunami tersebut.

Sebelumnya, belum tuntasnya pengaspalan jalan di Kampung Kalawi, Kelurahan Lubuk Lintah, sering memicu kemacetan arus lau lintas di pertigaan Kampung Kalawi. Sementara, pekerjaan plat penutup drainasenya telah tuntas sejak setahun yang lalu.

Salah seorang pengurus Pemuda Arus Kampung Kalawi, Surya beberapa waktu lalu mengatakan, di pertigaan Kampung Kalawi ini sering terjadi kemacetan di saat jam-jam sibuk. Di antaranya, pagi hari sekitar pukul 07.30 WIB hingga 10.00 WIB. Kemudian, pada siang hari pukul 12. 00 WIB dan sore hari pukul 17.00 hingga 18.00 WIB.

Bahkan terangnya, dampak dari belum diaspalnya jalan tersebut, juga sering memicu kecelakaan lalu lintas. Walaupun belum ada yang memakan korban jiwa, akan tetapi memakan korban materil. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional