Close

Kepsek harus Ciptakan Sekolah Ramah Anak di Padangpariaman

Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mengharapkan semua kepala sekolah dalam daerahnya dapat ciptakan sekolah ramah anak.

PADANGPARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur meng­ha­rapkan semua kepala sekolah dalam daerahnya dapat ciptakan sekolah ramah anak. Ciptakan sekolah ramah anak, sekolah anak anak merasa nyaman ketika masuk sekolah, bangunlah kondisi dan setting ruangan dan taman yang bersih dan nyaman.

“Sekolah ramah anak merupakan upaya mewu­judkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama 8 jam anak berada di sekolah, melalui upaya sekolah untuk menjadikan sekolah bersih, aman, ramah, indah, inklusif, sehat, asri, dan nyaman,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, usai acara silaturahmi dengan Kepala Sekolah dan Pengawas TK/PAUD, SD dan SMP se Kecamatan Lubuk Alung.

Suhatri Bur menyampaikan dunia pendidikan kita sekarang ini dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi harus menjadi pemikiran kita bersama bagaimana hasilnya generasi kita nanti kedepan. Kemajuan teknologi informasi sekarang ini sudah sangat luar biasa, perlu kreatifitas dari guru untuk mengantisipasi dan mengarahkannya.

“Kepala sekolah harus melakukan kreatifitas untuk melahirkan innovasi, banyak hal yang harus diper­hatikan dalam peningkatan kualitas pendidikan kita seperti kebersihan lingkungan sekolah,  anak me­mahami sopan santun, sebelum belajar berdoa dulu akan membentuk jiwa dan karakter anak sejak dini dengan perilaku dan kepribadian yang baik,” ujar Suhatri Bur.

Tantangan kedepan sangat berat, menjadi kabu­paten digital diupayakan untuk membentuk karakter dari anak-anak, kemajuan teknologi akan bisa bisa berdampak buruk seperti jatuhnya mental generasi muda dituntut mendidik anak dengan juga memahami dan mempelajari kemajuan teknologi tersebut.

“Anak zaman sekarang sudah enggan datang ke mesjid dan mushala ketika waktu sholat masuk. Kepala Sekolah diharapkan untuk meningkatkan pembelajaran keagamaan untuk meningkatkan keimanan dan ke­taqwaan anak didik kepada Allah SWT. Disamping itu se­kolah juga harus memfilter semua yang masuk ke­sekolah untuk diajarkan kepada anak,” ujar Suhatri Bur

Lebih lanjut Bupati mengharapkan  Kepala Sekolah bisa Ciptakan sekolah ramah anak dimana anak akan merasa nyaman ketika masuk sekolah, bangun kondisi dan setting ruangan dan taman yang bersih dan nyaman sehingga sekolah bisa menjadi rumah kedua bagi anak-anak.

Bupati juga berpesan kepada Kepala Sekolah agar Hati-hati dalam menggunakan dana yang ada,  karena kalau lalai sedikit dalam pengelolaannya dana BOS, Kepala Sekolah akan berhadapan dengan perma­salahan hukum dan aparat penegak hukum.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan H Anwar menyebutkan bahwa silaturahmi bupati dengan Kepala Sekolah SMP, SD, TK dan PAUD ini sangat diperlukan untuk kemajuan Padangpariaman kedepan.

“Guru harus bisa menjadi agent perubahan untuk Padangpariaman berjaya, kuatkan pendidikan agama pada semua jenjang pendidikan, TK, SD, SMP dan gemakan semangat motivasi guruku hebat muridku pintar,” ujarnya mengakhiri.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top