Menu

Kepsek Berprestasi, Gubernur Sumbar Siapkan Reward

  Dibaca : 598 kali
Kepsek Berprestasi, Gubernur Sumbar Siapkan Reward
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat lakukan rotasi 372 Kepala Sekolah di Aula Gubernur beberapa waktu lalu

Setiap kepala sekolah (kepsek) yang baru dilantik diharapkan memiliki kompetensi yang dapat diandalkan untuk memimpin sekolah, agar tercipta pendidikan berkualitas dan bermutu bagi anak didik agar dapat berprestasi hebat.

Kepala sekolah dituntut harus bekerja maksimal dan sepenuh hati, sekaligus bisa memiliki kemampuan teknis, agar para guru dan tenaga kependidikan memiliki kedisiplinan yang tinggi.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pada acara pelantikan kepala sekolah SMAN/SMKN Se-Sumatera Barat sebanyak 83 orang, Jum’at sore (4/1) di auditorium Gubernuran Sumbar.

Hadiri dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Drs. Alwis, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Burhasman Bur, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Yulitar, dan Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Dinas Pendidikan Sumbar.

Gubernur Irwan Prayitno menegaskan, apabila ada kepsek yang kinerja buruk yang menyalahi wewenang dan berkasus, Pemprov Sumbar akan langsung memberhentikan oknum kepala sekolah tersebut.

Ia juga mengingatkan, jika ada dalam pengangkatan Kepala sekolah yang melakukan pembackingan dari pihak pihak lain, maka Kepsek tersebut dipastikan dicoret, karena tak memiliki kompetensi memadai.

“Jika ada kepala sekolah yang meminta ditempatkan di daerah tertentu, atau tidak sanggup ditempatkan di daerah tertentu, saya minta segera minta mengundurkan diri segera, karena masih banyak guru-guru yang memiliki kompetensi yang ingin menjadi kepala sekolah,” tegasnya.

Gubernur Sumbar mengajak agar kepsek dapat meningkatkan mutu pendidikannya. Supaya anak-anak didik bisa berprestasi dan juga bisa menaikan menjadi sekolah unggulan. Tentu tidak tertutup kemungkinan bagi Kepsek untuk bisa menjabat sekolah unggul, tentu harus memiliki kompetensi dan berprestasi.

“Himbauan ini terbuka untuk semua kepala sekolah dan guru-guru berprestasi. Kami akan berikan reward, agar kepala sekolah dan guru-guru tidak bertahun-tahun berada di satu sekolah. Mereka yang berprestasi bisa naik ke level yang lebih tinggi, misalnya dari kepala sekolah di daerah terpencil bisa naik ke sekolah di daerah bahkan sampai ke sekolah ibu kota provinsi,” ujar Irwan Prayitno.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman menyampaikan, pelantikan ini telah melalui proses yang sesuai dengan standar dan telah memenuhi syarat melalui ujian kompentensi.

Dalam usulan Dinas Pendidikan kepada BKD, sebanyak 372 kepala sekolah SMAN/SMKN dirotasi maupun mutasi. Untuk tahap 1 telah dilantik 103 orang. Kamis ini tahap 2 dilantik sebanyak 156 orang, tahap 3 sebanyak 78 orang, ditambah 5 orang yang pada tahap 2 tidak hadir karena melaksanakan umroh.

“Jadi saat ini masih tersisa sebanyak 35 orang lagi yang terdiri dari 7 SMAN, 7 SMKN dan 21 SLB, semoga ini akan segera dilantik,” kata Burhasman mengakhiri. (mil/heu)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional