Close

Kenali Gejala Awal Penyakit Gagal Ginjal pada Anak

SAMPIAKAN—Dokter Spesialis Anak pada RSUD Kota Padang Panjang, dr. Fitriyana, Sp.A, M.Biomed menyampaikan, beberapa gejala awal yang mengarah kepada Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal atau Acute Kidney Injury (AKI) pada anak.

PDG.PANJANG, METRO–Dokter Spesialis Anak pada RSUD Kota Padang Panjang, dr. Fitriyana, Sp.A, M.Biomed menyampaikan, ada beberapa gejala awal yang mengarah kepada Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal atau Acute Kidney Injury (AKI) pada anak.  “Di antaranya demam, gejala infeksi saluran pernapasan akut se­perti batuk pilek. Atau gejala infeksi saluran cerna seperti diare dan muntah, diikuti warna u­rine pekat atau kecoklatan. Jumlah urine ber­kurang atau tidak ada urine selama 6-8 jam saat siang hari,” katanya Jumat (21/10), menyikapi kasus gagal ginjal pada anak yang kini tengah me­rebak.

Dikatakannya, pe­nye­bab penyakit masih dalam penelusuran dan penelitian. Ia meminta masyara­kat tetap tenang dan waspada terhadap gejala ter­sebut.

“Kurangi aktivitas a­nak-anak, khususnya balita, yang memaparkan risiko infeksi seperti kerumunan, ruang tertutup, tidak menggunakan masker, dan lain lain. Jika menemukan gejala pada anak, se­gera konsultasikan dengan petugas kesehatan,” imbaunya.

Dijelaskannya, sesuai dengan imbauan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), masyarakat untuk sementara waktu untuk tidak membeli obat bebas tanpa rekomendasi tenaga kesehatan sam­pai dida­patkan hasil investigasi me­nyeluruh o­leh Ke­men­terian Kesehatan dan Ba­dan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Mari kita semua, terapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), pola makan dengan gizi seimbang, minum yang cukup, istirahat yang cukup, olah­­raga yang cukup. Ku­rangi makanan yang terlalu ting­gi gula yang akan me­micu inflamasi atau pe­rada­ngan,” ajaknya. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top