Close

Kementerian PUPR Bantu Pemprov Sumbar, Bedah Rumah 3.610 RTLH di Sumbar

BEDAH RUMAH—Program BSPS Kementerian PUPR atau bedah 3.610 unit RTLH di Provinsi Sumbar.

JAKARTA, METRO–Kementerian Pekerja­an Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR telah berhasil menyalurkan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah untuk 3.610 unit rumah di Provinsi Su­matera Barat selama tahun 2022 lalu. Penyaluran dana program BSPS tersebut tersebar di tujuh Kabupa­ten/ Kota di Provinsi Su­matera Barat dengan nilai bantuan Rp 20 juta per unit rumah.

“Program BSPS ini sa­ngat diperlukan untuk mendorong kesadaran ma­syarakat akan pentingnya rumah sehat dan layak huni. Kami menyalurkan bantuan stimulant rumah swadaya untuk meningkatkan kualitas rumah ma­syarakat yang sebelumnya tidak layak huni menjadi lebih layak huni,” ujar Di­rektur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Kamis (19/1).

Menurut Iwan, pihak­nya tidak ingin masalah penanganan RTLH menjadi tugas pemerintah pusat saja. Akan tetapi Kemen­terian PUPR ingin Pemda, sektor swasta dan ma­syarakat juga bisa ber­kontribusi lebih banyak. De­ngan semakin ba­nyak­nya rumah yang layak huni diharapkan kesejah­teraan masyarakat bisa lebih me­ningkat serta me­wujudnya lingkungan yang nyaman.

“Program BSPS ini me­rupakan stimulan yang diberikan pemerintah kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang rumahnya tidak la­yak huni. Melalui dana BSPS tersebut, mereka diharapkan berswadaya memba­ngun rumahnya menjadi layak huni.  Kami berharap dari program BSPS ini kua­litas hidup dari MBR pe­nerima bantuan menjadi lebih baik dengan menempati rumah yang lebih la­yak, sehat dan nyaman”, ujarnya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera III, Zubaidi didampingi PPK Rumah Swadaya dan RUK Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Ba­rat, Mardianto menjelaskan, setiap unit RTLH milik masyarakat mendapatkan bantuan senilai Rp 20 juta. Bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat sebagai penerima bantuan dalam bentuk bahan ba­ngunan senilai Rp 17,5 juta dan upah tukang senilai Rp 2,5 juta.

Berdasarkan data yang ada, sebanyak 3.610 unit rumah RTLH yang mendapat Program BSPS tersebar di tujuh Kabupaten/ Kota di Provinsi Sumatera Barat yakni di Kabupaten Kepulauan Mentawai 350 unit, Kabupaten Dharmasraya 200 unit, Kabupaten Sijunjung 308 unit, Kabupaten Solok 844 unit. Selain itu juga di Kabupaten Solok Selatan 10 unit, Kota Padang 898 unit dan Kabupaten Pesisir Selatan 1.000 unit

“Dana Program BSPS yang disalurkan Kemen­terian PUPR untuk bedah rumah di Sumatera barat mencapai Rp 72,2 Milyar. Dana BSPS tersebut bera­sal dari APBN Tahun Anggaran 2022 dan pinjaman dari Bank Dunia,” terangnya.

Salah seorang penerima bantuan Program BSPS tahun 2022 dari Desa Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Indra Syafril mengaku senang dan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR atas bantuan bedah rumah tersebut.

“Ambo batarimo kasih banyak ka pemerintah atas bantuan nan ambo tarimo kini ko sahinggo ambo jo keluarga bisa manempati rumah yang layak huni. Harapan ambo bantuan bantuak iko taruih ado sahinggo masyarakat nan lain bisa jugo menikmati nan model ambo kini ko. (Saya berterimakasih ba­nyak ke pemerintah atas bantuan yang saya terima ini sehingga saya dan keluarga bisa menempati rumah yang layak huni. Harapan saya bantuan bentuk ini terus ada sehingga ma­syarakat yang lain bisa juga menikmati bantuan rumah model saya ini),” katanya. (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top