Close

Kementerian KKP bakal Bangun Pabrik Pakan Ikan di Pasaman

TINJAU-- Bupati Pasaman Benny Utama bersama rombongan lokasi lahan rencana pembangunan pabrik pakan ikan Nagari Lansekkadok, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman.

PASAMAN, METRO–Bupati Pasaman, Benny Utama mengatakan, bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) bakal memba­ngun pabrik pakan ikan mandiri. U­paya ini untuk membantu meningkatkan perekonomian petani ikan di Pasaman tersebut.

Rencananya lokasi pembangunan pabrik pakan ikan itu masih satu kawasan dengan pusat Balai Benih Ikan (BBI) Beringin, Nagari Lansekkadok, Kecamatan Rao Selatan. Dana pembangunannya mencapai Rp 30 miliar lebih, bersumber dari anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

“Dana senilai itu sudah lengkap dengan pembangunan pabrik pakan ikan mandiri, bantuan escavator, automatic feeder dan peralatan lainnya,” ungkap Benny, kemarin.

Pihaknya, kata Benny, sudah menyerahkan lahan lebih kurang seluas 3 hektare lebih di areal BBI Rao Selatan untuk dijadikan lokasi pembangunan pabrik pakan ikan tersebut kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. “Kita sudah menyerahkan lahan lebih kurang seluas 3.000 meter untuk pembangunan pabrik pakan ikan mandiri ke pihak KKP serta memba­ngun infrastruktur jalan ke lokasi pabrik dengan dengan dana berasal dari APBD 2021. Lahan itu milik Pem­kab Pasaman,” kata Benny.

Sebelumnya, kata Benny, Men­teri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono, telah menetapkan Kabupaten Pasaman, sebagai salah satu kampung perikanan budidaya di Indonesia.

Keputusan Menteri KP ini ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor : 64 /2021, tertanggal 23 Agustus 2021, tentang Kampung Perikanan Budidaya yang berlokasi di enam kabupaten pada enam provinsi di Indonesia.

Harapan Benny, ke depan dengan keluarnya Surat Keputusan (SK) Menteri KKP tersebut, semoga harapan puluhan tahun masyarakat khu­susnya petani ikan di Pasaman segera terwujud dengan berdirinya pabrik pakan ikan di daerah itu.  “Semoga dengan berdirinya pabrik pakan ini, harapan petani ikan mendapatkan pakan murah tapi berkualitas, segera terwujud. Sehingga akan semakin menguntungkan petani kita yang selama ini tertekan akibat harga pakan pabrik yang tingginya selangit,” ucap Benny. (mir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top