Menu

Kemenkumham dan Pemko Pariaman, Tandatanganan Kesepakatan Bersama

  Dibaca : 98 kali
Kemenkumham dan Pemko Pariaman, Tandatanganan Kesepakatan Bersama
FOTO BERSAMA—Kemenkumham dan Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin serta jajaran foto bersama usai tandatangani kesepakatan bersama.

PARIAMAN, METRO–Kantor Perwakilan Ke­menterian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Ke­men­kumham) Provinsi Su­matera Barat (Sumbar) kemarin melakukan pe­nandatanganan kesepa­katan bersama dalam rang­ka pembentukan pe­raturan perundang-un­da­ngan di daerah, pembinaan hukum, penyelenggaraan ke­ka­yaan intelektual dan kerja­sama dengan pergu­ruan tinggi, serta pelun­curan aplikasi E-Perda Ran­cak..

Turut hadir, Plh. Sek­daprov Sumbar Benni War­lis, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Ham, Amru Wahid Batubara, Forko­pimda Sumatera Barat, Ketua DPRD se Provinsi Sumatera Barat, serta rek­tor perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Provinsi Sumatera Barat dan kepala daerah se-Sum­bar. Pemerintah Kota Pa­riaman dalam hal ini di­wakili oleh Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mah­yuddin.

Kakanwil Kemen­kum­ham Sumbar melalui Ke­pala Divisi Pelayanan Hu­kum dan HAM, Amru Wa­hid Batubara mengatakan, sinergi dan kerjasama se­r­ta koordinasi tersebut tidak terkecuali mesti dilakukan oleh Kanwil Kemenkum­ham Sumbar sebagai in­stansi vertikal dari kemen­terian yang menyeng­gara­kan urusan pemerintahan di bidang hukum dengan Pemerintah Daerah dan perguruan tinggi yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

“Sinergi dan kerjasama serta koordinasi dilaksana­kan sesuai dengan tugas dan fungsi Kanwil dan se­suai dengan urusan peme­rin­tahan yang menjadi ke­we­nangan daerah serta sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada ma­syarakat,” terang Amru Wahid.

Dikatakannya, sinergi dan kerja sama tersebut mencakup dalam pem­ben­tukan peraturan perun­dang-undangan di daerah, pembinaan hukum, dan penyelenggaraan pelaya­nan intelektual di daerah.

“Sinergi dan kerjasama serta koordinasi ini diper­lukan untuk peningkatan kinerja, efektivitas, efisien­si serta diperlukan dalam menghadapi berbagai rin­ta­ngan dan kendala dalam pelaksanaan tugas, kewe­nangan dan fungsi masing-masing,” ujarnya.

Sinergi dan kerjasama kemudian diwujudkan da­lam bentuk kesepahaman ber­sama dengan peme­rintah daerah dan perjan­jian kerjasama dengan perguruan tinggi.

Amru mengatakan, ke­se­pa­katan bersama yang ditandatangani kali ini, merupakan lanjutan dari kesepakatan bersama yang telah ada sebelumnya, yak­ni periode tahun 2016 sam­pai tahun 2021.

 “Dengan penan­data­nganan kesepahaman ber­sama dan perjanjian kerja ini, diharapkan akan sema­kin meningkatkan komit­men antar lembaga peme­rintah serta perguruan tinggi dalam mewujudkan tujuan negara seba­gai­mana diamanatkan oleh konstitusi sesuai dengan tugas, kewenangan dan fungsi masing-masing,” ungkapnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional