Close

Kemenkop UKM segera Bantu, Pedagang Pasar Bawah

RAKOR— Kementrian Koperasi, Usaha Kecil & Menengah (Kemenkop UKM) RI melaksanakan Rakor Teknis Bantuan Pemerintah bagi Usaha Mikro terdampak bencana kebakaran.

BUKITTINGGI, METRO–Kementrian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) RI mengadakan Rapat Koordinasi Teknis Bantuan Pemerintah bagi Usaha Mikro terdampak bencana. Rakor dibuka langsung Wali Kota Erman Safar di Rocky Hotel, Rabu (13/10). Rakor juga dihadiri Deputi Usaha Mikro Kemenkop UKM Edy Satria, serta Plt Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Bukittinggi, Isra Yonza dan Kepala BPBD Bukittinggi, Ibentaro Samudra.

Plt Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Bu­kittinggi Isra Yonza, menjelaskan, kegiatan ini diikuti 50 orang peserta termasuk 28 orang pelaku UKM korban kebakaran Pasar Bawah. Hal ini dimaksudkan untuk melihat seberapa besar dampak bencana kebakaran pasar dan upaya penanggulangan terhadap pelaku usaha mikro.

“Selain itu, juga dilakukan pendaftaran nomor induk berusaha (NIB) bagi usaha mikro melalui sis­tem online single submission (OSS), serta mekanisme pelaksanaan bantuan pemerintah bagi usaha mikro. Ini sebagai wujud perhatian pemerintah kepada masyarakat,” jelas Isra.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengapresiasi Kemenkop UKM yang telah memberikan bantuan kepada korban kebakaran Pasar Bawah. Hal ini tentu sangat membantu para pedagang, di tengah situasi sult saat ini.

“Beberapa jam setelah kebakaran, kami langsung hubungi Bapak Edi Syatria, perwakilan dari Kementrian, untuk dapat membantu korban kebakaran. Alhamdulilah hari ini rezeki untuk pedagang korban kebakaran Pasar Bawah, setidaknya bantuan ini dapat meringankan beban korban kebakaran Pasar Bawah. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dari Kementria ini,” jelas Erman.

Menkop UKM melalui Deputi Bidang Usaha Mikro Edi Syatria menjelaskan, Rakor ini, merupakan tindak lanjut dari koordinasi antara Kemetrian UKM dan Perdagangan dalengan Pemko Bukittinggi, terkait musibah kebakaran Pasar Bawah. Bantuan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat yang terdampak bencana, agar tidak terpuruk dan dapat kembali beraktifitas.

“Bantuan diberikan untuk stimulus pasca kebakaran pasar, khususnya UKM yang terdampak bencana. Bantuan untuk dana stimulus diberikan untuk 125 orang pelaku UMKM korban Pasar Bawah dengan bantuan Rp 2 juta per orang dengan melihat prioritas usaha mikro. Hal ini dilakukan agar usaha yang dijalani tidak terputus,” jelas Edi.

Proses penyerahan atau pendistribusian bantuan ini nantinya, akan dirapatkan dahulu. Sehingga untuk prosesnya akan diserahkan sepenuhnya kepada Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Bukittinggi. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top