Menu

Kemenag Sumbar Imbau Shalat Idul Fitri di Rumah Saja

  Dibaca : 250 kali
Kemenag Sumbar Imbau Shalat Idul Fitri di Rumah Saja

PADANG, METRO—Masih mewabahnya corona virus disease (covid-19), membuat Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar mengimbau kepada masyarakat, agar melaksanakan shalat idul Fitri tahun 1441 Hijiriah, di rumah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatra Barat, H. Hendri,mengatakan, hal ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama  RI nomor 06 tahun 2020.

“Berdasarkan surat edaran pada huruf F disebutkan, bila kepala daerah menjamin , bahwa daerah tersebut aman dari covid-19 dan masyarakatnya tidak terkena wabah covid-19, maka boleh dilakukan di lapangan atau masjid. Tetapi tetap melaksanakan protokoler kesehatan, seperti menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak,” Katanya, Jumat (22/5).

Dijelaskannya, bila diraerah tersebut masih terdapat wabah covid-19, maka shalat idul Fitri dilaksanakan di rumah.

“Kalau kondisi darurat, maka boleh melaksanakan shalat idul fitri di rumah. Hal ini sesuai dengan ketentuan ushul fiqh, darurat itu membolehkan yang tidak boleh, karena dampaknya lebih buruk,” jelasnya.

Sementara itu, dosen fiqh, Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, Zulkarnaini, menuturkan, bila keadaan darurat maka shalat boleh di rumah.

“Shalat id itu hukumnya sunat muakat, dan salat id itu, tidak tergabung kedalam kotbah,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk takbir yang biasanya, dilakukan secara keliling, itu hanyalah tradisi. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional