Close

Kemenag Sawahlunto Bersih-bersih, Ratusan Buku Nikah, Akta Nikah dan Pemeriksaan Nikah Dibakar

DIBAKAR—Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Sawahlunto, H. Dedi Wandra, disaksikan pihak terkait membakar ratusan lembar surat-surat nikah.

SAWAHLUNTO, METRO–Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sawahlunto musnahkan berbagai surat-surat terkait legalitas pernikahan yang telah kedaluwarsa. Guna mengantisipasi penyalahgu­naan, Jumat (5/8) di halaman Kantor Kemenag setempat. Dilakukan pemusnahan Barang Milik Negara senilai Rp. 178.300 dengan cara dibakar itu, berupa 100 buku nikah model NA tahun perolehan 2020, Akta Nikah Model N tahun perolehan 2020 sebanyak 50 lembar, serta Pemeriksaan Nikah model NB ta­hun perolehan 2020 sebanyak 50 lembar.

Menurut Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Sawah­lunto, H. Dedi Wandra, dimusnahkannya barang barang ter­se­but karena sudah kedaluwarsa.

”Pagi ini, dihadiri pihak Kejaksaan Negeri, Polres dan jajaran Kemenag Sawahlunto, kita memusnahkan beberapa ba­rang milik negara karena sudah tidak terpakai lagi,” terang pria yang akrab disapa Bang Dewa itu.

Dalam buku nikah yang kita musnahkan ini, lanjut Bang Dewa, karena ada yang masih ditandatangani menteri agama Lukman Hakim Saifudin dan juga tandatangan Menteri Agama Fachrurrozi.

”Untuk itu, sesuai dengan aturan yang berlaku maka ba­rang-barang milik negara ini kita musnahkan. Selain itu, pemusnahan ini juga bertujuan untuk mengantisipasi penyalahgu­naan oleh orang yang tidak bertanggungjawab,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam pemusnahan barang milik negara tersebut, Arif Hidayat dari Kejaksaan Negeri Sawahlunto, Kasat Sabhara Iptu RJA Purba dari Polres Sawahlunto, serta para pejabat struktural dan fungsional di jajaran kantor Kementrian Agama kota Sawahlunto. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top