Menu

Kemenag: Idul Adha 24 September

  Dibaca : 928 kali
Kemenag: Idul Adha 24 September
Penyerahan APD dari Audy Joinaldy di Kabupaten Solok.
mekkah

Kakbah di Mekkah.

JAKARTA, METRO–Kementerian Agama (Kemenag) resmi mengumumkan Idul Adha tahun ini jatuh pada 24 September 2015. Hal tersebut diputuskan setelah pihaknya bersama para pemuka agama dari berbagai daerah menggelar sidang Itsbat untuk menentukan awal Zulhijah 1436 H.

Setelah dilakukan pemantauan untuk melihat hilal, di berbagai daerah hingga bada magrib dilaporkan tidak ada yang melihat hilal.

”Kami mendengarkan laporan rukyat dari seluruh Indonesia, nggak ada satupun laporan hilal terlihat, mulai dari Papua sampai Aceh. Jadi tahun ini kami menetapkan 1 Zulhijah pada Selasa 15 September. Artinya Idul Adha, jatuh pada 24 hari Kamis,” ujar Dirjen Binmas Islam Kemenag Ma’chasin di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (13/9) malam.

Kalaupun ada yang menentukan I Zulhijah pada Senin (14/9) besok, Kemenag tak mempermasalahkan hal tersebut dan menghormati perbedaan yang ada.

”Kalau ada yang menentapkan atau meyakini pada besok itu 1 Zulhijah. Itu kami memberikan kebebasan dan tidak ada paksaan untuk mengikuti pemerintah. Perbedaan ini nggak perlu dibesar-besarkan,” tandas Ma’chasin.

Sebelumnya, Muhammadiyah sudah mengeluarkan maklumat hari raya Idul Adha 1436 Hijriah jatuh pada 23 September 2015. Sekretaris Umum (Sekum) Muhammadiyah Abdul Mu’ti menerangkan penetapan itu didasarkan pada penghitungan hisab hakiki wujudul hilal.

Kemungkinan, Mu’ti menambahkan, Arab Saudi dan mayoritas organisasi Islam lainnya juga akan merayakan Idul Adha pada 23 September. (chi/jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional