Menu

Kembangkan Kreativitas Anak Usia Dini, Guru Dituntut Menciptakan Edukasi

  Dibaca : 172 kali
Kembangkan Kreativitas Anak Usia Dini, Guru Dituntut Menciptakan Edukasi
MEWARANAI— Kompetisi mewarnai dengan peserta anak usia dini dipusatkan di PDIKM Padangpanjang.

PDG.PANJANG, METRO
Mengembangkan keterampilan dan kreativitas anak-anak usia dini. Pemko Padangpanjang melalui Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) menggelar kompetisi mewarnai. Sedikitnya 600 anak ikut dalam kompetisi bertemakan “ Mewarnai Bersama Orang Tua” di lingkungan Pusat Dokumentasi Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM). Hal tersebut diungkapkan Kadis Kominfo Padangpanjang, Ampera Salim, Senin (2/3).

Kompetisi mewarnai yang dipusatkan di PDIKM tersebut melibatkan seluruh Paud  se Kota Padangpanjang. Sedikitnya 600 anak telah mendaftar sebagai peserta lomba mewarnai. Hiruk kecerian bersama orang tua di lokasi perlombaan tidak bisa dilepaskan anak anak. Mewarnai satu aktivitas menyenangkan bagi anak-anak di usia itu.

Ada yang menarik, di kompetisi mewarnai bersama orang tua tersebut.  Orang tua bisa mengetahui sejauh apa kemampuan anak sekaligus mengetahui sampai dimana anak kesanggupan anak untuk mengerjakan sesuatu selama 2 jam waktu yang disediakan penyelenggara.

Ada yang sanggup menyelesaikan untuk mewarnai dan ada yang terlihat malas sekaligus meminta orang tuanya untuk melanjutkan mewarnai. ” Di kompetisi ini,  orang tua bisa mengetahui keterampilan dan kemampuan anak sekaligus memahami anak ketika dirinya diberi sebuah pekerjaan. Di kegiatan itu, orang tua  dituntut mensosialisasikan warna yang tepat untuk sebuah benda yang akan diwarnai,” sebut Ampera Salim.

Terselenggaranya kegiatan tersebut,  lebih lanjut Ampera Salim, Pemko mengapresiasi  sekaligus memberikan dukungan sepenuhnya. ”Ini merupakan kegiatan yang sangat besar perannya dalam menunjang dan mewujudkan Kota Padangpanjang sebagai kota tujuan pendidikan, karena pendidikan merupakan modal utama dalam pembangunan Padangpanjang, maka dari itu fokus pendidikan haruslah dimulai dari usia dini, “ujarnya.

Pendidikan butuh proses yang diawali dari rumah, Paud sampai ke jenjang yang lebih tinggi.  Kata, Ampera Salim, lebih lanjut, guru atau pendidik di tingkat Paud, mampu memberikan edukasi bermanfaat dalam proses pendidikan anak usia dini.

Ketua HIMPAUDI Padangpanjang, Dian Puspita, mengatakan kreativitas sangat penting dalam kehidupan, terutama pada anak usia dini. “Kreativitas harus dipupuk dan dikembangkan sejak usia dini, karena kreatifitas yang membuat anak – anak kita ini menjadi orang – orang yang produktif dan berkualitas, “ujarnya.

Melalui kegiatan ini,  Fian Puspita berharap tenaga pendidik PAUD bisa mentransfer ilmu dan melakukan pembinaan terhadap anak – anak usia dini dengan sebaik mungkin.

“Kegiatan lomba mewarnai antara anak dan orang tua ini juga merupakan hal yang sangat penting, karena bisa mempererat hubungan emosional antara orang tua dan anak, hubungan emosional yang kuat antara anak dan orang tua merupakan pondasi penting dalam tumbuh kembang dan kecerdasan bagi anak, “tambahnya.

Terpisah, orang tua dari salah satu peserta, Yoli (31) menyatakan, kegiatan yang bersifat melatih kreativitas anak merupakan salah satu langkah mengembangkan keterampilan dan kreativitas anak.   ”Kita orang tua sangat mendukung adanya kegiatan-kegiatan serupa. Pembangunan mental dan karakter anak dibutuhkan edukasi dari guru,” ujar Yoli.

Dikatakan, semenjak anaknya bergabung di salah satu Paud di Kota Padangpanjang, perkembangan cara berpikir anak mengalami perubahan yang lebih baik. “ Ya,  anak anak melakukan aktivitas yang membuat mereka nyaman dan senang,” sebut Yoli, seraya menyampaikan, dirinya selalu mensosialisasikan dan mendemonstrasikan segala sesuatu yang baru agar anak tahu apa yang dilihat, dengar dan apa yang mereka merasakannya. (rmd)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional