Close

Kembangkan Geopark Silokek, Pemkab Sijunjung bakal Hadapi Tiga Permasalahan

GEOPARK— Potret Geopark Silokek yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai geopark nasional. Geopark Silokek ini diharapkan bisa memberikan keuntungan bagi pembangunan Sijunjung. (eky prima endo/posmetro)

SIJUNJUNG, METRO – Geopark Ranah Minang Silokek akan menjadi ikon pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Setelah ditetapkan sebagai kawasan geopark oleh Kementerian Pariwisata, program tersebut dinilai akan banyak memberikan keuntungan bagi pembangunan Kabupaten Sijunjung.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin dan berharap adanya dukungan kepada semua pihak.

“Kewenangan pembangunan geopark dibebankan ke anggaran nasional, bukan ke APBD. Dengan itu, geopark akan memberikan kontribusi yang besar untuk pembangunan daerah,” kata Yuswir Arifin.

Salah satunya ungkap Yuswir adalah pembangunan infrastruktur jalan.

“Sebelumnya jalan ke Silokek itu kan seharusnya beban APBD, tapi sekarang sudah di APBN, karena statusnya sudah geopark nasional,” ujarnya.

Yuswir menjelaskan, untuk pembangunan Geopark Silokek akan melibatkan pihak ketiga. Namun saat ini baru sampai tahap perancangan oleh tim yang dibentuk. Menurutnya ada tiga permasalahan yang akan timbul dalam pengembangan Geopark Silokek tersebut. Antara lain lahan, pemasaran dan masyarakat di lingkungan geopark itu sendiri.

“Semua itu harus dikoordinir dengan baik agar tujuan pembentukannya tercapai yaitu untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” tuturnya

Ia mengatakan, ditetapkannya Geopark Silokek sebagai Nasional Geopark membuat pembangunan di Sijunjung akan lebih kompleks, khususnya di sektor pariwisata. Dan diharapkan itu memberikan kontribusi baru bagi perekonomian masyarakat.

“Diperlukan partisipasi seluruh pemangku kepentingan, termasuk media, untuk mempublikasikan Geopark Silokek yang memiliki panorama indah agar bisa dikenal dan dikunjungi oleh masyarakat luas,” ucap Yuswir. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top