Menu

Kematian Bayi Meningkat, Januari-Juli Tercatat 17 Bayi Meninggal Dunia di Kota Pariaman

  Dibaca : 137 kali
Kematian Bayi Meningkat, Januari-Juli Tercatat 17 Bayi Meninggal Dunia di Kota Pariaman
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifah

PARIAMAN, METRO–Kepala Dinas Kese­ha­tan Kota Pariaman Nazifah menyatakan angka kema­tian bayi dalam daerahnya hingga Januari sampai Juli 2021 telah mencapai 17 orang. “Jumlah kematian bayi sebanyak itu me­ning­kat dari tahun sebelumnya atau selama 2020 yang berjumlah 14 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifah di Pariaman, kemarin.

Dia saat ini sedang me­nye­lidiki apakah ini akibat pandemi Covid-19 atau karena apa.  Untuk itu katanya, pihaknya hari ini melaksanakan kegiatan untuk menindaklanjuti hal tersebut dan akan mem­buat klinik penanganan anak di setiap Puskesmas di Pariaman serta melak­sanakan pelatihan untuk tenaga kesehatan di Pus­kesmas dan rumah sakit.

Ia pun menekankan kepada Puskesmas dan jajarannya termasuk bidan desa untuk lebih aktif me­mantau warga yang se­dang hamil dan bayi karena banyak dari masyarakat yang tidak mengetahui ilmu kesehatan terutama mera­wat bayi.  “Masyarakat tidak banyak tahu dengan kesehatan hanya tenaga kesehatan yang tahu, hara­pan masyarakat hanya kepada tenaga keseha­tan,” katanya.

Ia berharap dengan upaya yang akan dilakukan tersebut dapat menekan angka kematian bayi di Pariaman.

Ia menyadari saat ini pandemi covid -19 se­hing­ga bidan desa takut ke lapangan dan warga pun takut untuk membawa a­nak­nya pergi berobat.

Untuk itu ia meminta warga untuk memeriksa kesehatan kandungan dan anaknya ke Puskesmas atau bidan desa terdekat agar tenaga kesehatan dapat mengetahui per­kembangan kesehatannya sehingga da­pat mem­beri­kan perto­lo­ngan dengan cepat.

“Jangan takut berobat, yang memeriksa kese­ha­tan kandungan dan bayi adalah orang yang sesuai dengan ahlinya,” ujarnya.

Selain itu ia juga me­minta bidan desa juga pro­aktif memantau kondisi kesehatan warganya teru­tama ibu hamil dan bayi di daerahnya.

Ia menyampaikan bi­dan desa merupakan ujung tombak kesehatan di da­erah sehingga apabila war­ga merasa kurang sehat selalu konsultasi kepada­nya. Pada kesempatan ter­sebut ia mengimbau selu­ruh lapisan masyarakat untuk menerapkan pro­tokol ke­sehatan yang ketat dalam beraktivitas agar tidak ter­papar Covid-19. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional