Menu

Kemarau, Warga Mulai Kekeringan

  Dibaca : 86 kali
Kemarau, Warga Mulai Kekeringan
KEKERINGAN— Efek cuaca panas dan kemarau yang melanda Kota Padang membuat sumur di rumah-rumah warga mulai mengalami kekeringan.

KURANJI, METRO
Efek cuaca yang mulai jarang hujan membuat sumur di rumah-rumah warga mengalami kekeringan. Mereka kini khawatir, kekeringan berlanjut dan posokan air bersih sulit didapatkan.

“Air sumur di rumah saya sudah kecil sejak seminggu belakangan. Air tak bisa dianikan lagi oleh pompa,”sebut Nur (30), salah seorang warga RW 02 Kelurahan Kuranji Padang. Akibat kondisi ini, ia terpaksa mencuci piring dan baju dengan meminta air sumur tetangga. Bahkan mandipun juga numpang ke rumah tetangga yang sumurnya masih berair.

Warga lainnya, Yen (29) juga merasakan debit air sumurnya mulai kering. Ia juga mengaku cemas, kekeringan terus terjadi sehingga sukit untuk mendapatkan air bersih. “Saya juga mulai khawatir sekarang air sumur di rumah-rumah saya sudah mulai kering,”tandasnya.

Seperti yang diketahui, saat ini sebagian besar warga di Kuranji masih memiliki ketergantungan yang besar pada sumur tanah untuk mendapatkan air bersih. Mereka yang pada umumnya dirumah rumah pribumi belum menggunakan sumber air bersih dari Perumda. Pantauan koran ini kemarin, sejumlah saluran drainase di urmah-rumah warga terlihat kering. Seperti di kawasan Simpang Kuranji. Debit airnya mengecil seiring dengan menyusutnya debit air Batang Kuranji.

Kepala BPBD Kota Padang, Barlius mengakui belum ada laporan yang masuk ke BPBD soal kekeringan. Namun ia tak benapik beberapa hari belakangan, hujan memang jarangf terjadi. ‘Ya sekarang memang cukup jarang yang hujan. Mungkin karena masih dalam pengaruh Lanina yang memicu cuaca esktrem,”kata dia. Namun ia memprediksi hujan masih berkemungkinan terjadi karena awan masih trlihat ada. ‘Saya lihat masih ada awan, berarti masih kemungkinan hujan,”katanya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional