Menu

Kemampuan SDM Pengurus Koperasi Ditingkatkan

  Dibaca : 545 kali
Kemampuan SDM Pengurus Koperasi Ditingkatkan
Ilustrasi SDM

PADANG, METRO – Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) Padang gelar pelatihan pelayanan dan peningkatan pengelolaan koperasi di aula Disnakertrans Sumbar, Kamis (14/11). Pelatihan ini dibuka Kasiskop UKM Padang yang diwakili Kabid Pemberdayaan Koperasi Evilidiyanti.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan pengurus koperasi terhadap anggotanya,” ujar Kasiskop UKM Padang melalui Kabid Pemberdayaan Koperasi Evilidiyanti, kemarin.

Dikatakan Evilidiyanti, pelatihan melibatkan 100 orang peserta yang terdiri dari 50 orang pengurus dan pengelola koperasi konvensional. Kemudian 50 orang dari tenaga pembukuan KSPPS. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari. Kategori tenaga pembukuan Koperasi Simpan Pinjam dengan Pembiyaan Syariah (KSPPS), Kamis 14 November. Kemudian, untuk pengurus dan pengola koperasi konvensional, Jumat 15 November.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pengurus dan pengelola koperasi dalam mengelola sesuai dengan praktek bisnis yang sehat. Kemudian, untuk meningkatkan kecakapan pengurus koperasi sehingga dapat menjalankan usaha koperasi dengan baik.

Meningkatkan kemampuan pengurus dan pengelola koperasi dalam mengerjakan admiistrasi dengan tertib. Juga meningkatkan kemampuan pengurus di bidang akuntansi koperasi sehingga dapat mengerjakan administrasi keuangan sesuai dengan sistem akunstansi koperasi. Meningkatkan, pengurus dalam mengerjakan pembukuan koperasi secara benar. Serta meningkatkan kemampuan pengurus pengurus membuat laporan pertanggungjawaban setiap tahunnya sehingga RAT dilaksanakan tepat waktu.

“Kegiatan in dengan sasaran koperasi konvensional dan KSPPS yang termasuk sebagai koperasi aktif yang ada di Kota Padang. Sehingga pengelolaan koperasi sesuai dengan amanat regulasinya,” ujar Evilidiyanti.

Sedangkan, narasumber yang didatangkan dalam pelatihan ini terdiri dari akademisi, Diskop UKM Sumbar dan Diskop UKM Padang. Dengan materi, kebijakan pemerintah tentang perkoperasian, laporan keuangan koperasi dan akuntasi koperasi.

Selian itu, karena kelembagaan koperasi sangat penting, karena menentukan kegiatan status hukum, manajemen dan sumberdaya manusia (SDM) di dalam koperasi. Dan peningkatan pengetahun pengurus koperasi ini bertujuan agar koperasi bisa berjalan dengan baik. Dan koperasi perlu dijalankan secara profesional dengan melibatkan unsur-unsur antara lain, rapat anggota, pengrus, anggota dan badan pengawas. Ketiga unsur itu bekerjasama untuk mencapai tujuan koperasi, yakni sehat organisasi, sehat usaha dan sehat mental. (boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional