Close

Kelurahan Jati Pilih Ketua RW ala Pilkada

PEMILIHAN KETUA RW— Warga RW 003 Kelurahan Jati, Kecamatan Padang Timur antusias memberikan hak suara dalam pemilihan ketua RW setempat yang dilaksanakan layaknya pelaksanaan pemilu legislatif dan pilkada.

JATI, METRO–Kelurahan Jati Kecamatan Padang Timur tepatnya di RW 003 disibukkan dengan alek lingkungan Rukun Warga (RW), yakni pemilihan Ketua RW. Unik­nya, kegiatan ini dilaksanakan layaknya pelaksanaan pemilu legislatif dan Pilkada.

Ketua panitia pemilihan, Agustian mengatakan, pe­mili­han Ketua RW 003 Kelu­rahan Jati Kecamatan Padang Timur, dilaksanakan Minggu (22/1). Proses pemilihan ini dilak­sanakan layaknya pilkada dan pileg, sebagai salah satu langkah juga untuk pendidikan pemilih.

Hal ini menjadi salah satu ide panitia bekerja­sa­sama dengan Lurah Jati Agusman,S.Sos yang ikut manyaksikan pemilihan tersebut. Agusman meng­apre­siasi kegiatan warga RW 003 Kelurahan Jati yang kompak dan sukses menggelar pemilihan ke­tua RW 003 seperti pilkada.

“Pemilihan ketua RW ini telah kami lakukan so­sialisasi. Dan diberitahu beberapa hari untuk mela­kukan pemeriksaan berkas calon RT. Pemilihan ketua RW ini yang pemilih hanya perangkat RT. Dan bebe­rapa masyarakat, 5 pe­rang­kat RT, 3 tokoh ma­syarakat serta masing-masing calon ketua RW. Yang dipilih berdasarkan usulan setiap RT mengi­rim­kan 1 calon,” kata Agus­tian.

Sementara dalam pe­mi­lihan tersebut, ada tiga calon, yakni wakil dari RT 001 Roni Nanda (nomor urut 1). Kemudian wakil dari RT 002 Harifko (nomor urut 2) dan Wedi Syafriadi dari RT 003.

Dalam proses peng­hi­tungan suara, akhirnya terpilih Harifko sebagai ketua RW 003 Kelurahan Jati. Harifko berhasil me­ngum­pulkan 11 suara. Se­dangan dua kan­didat lain­nya, Wedi Syra­friadi (9 suara) dan Roni Nanda memperoleh 7 sua­ra.

“Alhamdulillah, proses pemilihan ketua RW ber­lang­sung dengan baik. Teri­ma kasih untuk warga yang masih mempercayai saya untuk memimpin RW 003 ini,” kata Harifko usai peng­hitungan suara.

Sementara ketua pe­lak­sana Hariz Saputra me­nga­takan, tujuan pe­mili­han ketua RW seperti pil­kada digelar agar masya­rakat lebih memahami de­mokrasi. Apalagi pada Fe­bruari 2024 mendatang, akan digelar pesta de­mo­krasi Pemilu 2024. (pl1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top