Close

Kelurahan ATTS Siap jadi Percontohan Kota Sehat

PEMBINAAN—Kegiatan pembinaan kota sehat yang dilaksanakan Forum Kota Sehat (FKS) di aula Kantor Kelurahan Aur Tajungkang Tangah Sawah (ATTS).

BUKITTINGGI, METRO–Kegiatan pembinaan kota sehat di tingkat kelurahan terus berlanjut. Pembinaan kali ini dilaksanakan Forum Kota Sehat (FKS) di aula Kantor Kelurahan Aur Tajungkang Ta­ngah Sawah (ATTS), Selasa (9/11).

Lurah ATTS, Romario menjelaskan, kepengurusan kelompok kerja (Pokja) kelurahan sehat Kelurahan ATTS, memang telah berakhir tahun 2021 lalu. Untuk itu, pihak kelurahan akan segera menyusun kepe­ngurusan pokja kelurahan sehat yang terbaru. “Struktur Pokja Kelurahan Sehat ATTS akan segera diperbarui. Diharapkan nantinya, kepengurusan baru dapat bekerja maksimal dalam menunjang program kota sehat di tingkat kelurahan, khususnya di ATTS sendiri,” ujar Romario.

Ketua Pokja Kelurahan Sehat Kelurahan ATTS, D Dt Pado Basa yang juga Ketua LPM ATTS menyampaikan, kepengurusan Pokja kelurahan sehat yang akan dibentuk nantinya, harus siap bersinergi mendukung setiap program kota sehat.

“Diperkirakan seperti periode sebelumnya, kepengurusan nanti akan diisi oleh 12 orang kader. Kami berharap pokja serta kader mari bersama dukung program kota sehat. Sehingga dalam bekerja nanti­nya, butuh kerjasama dan juga support dari berbagai hal. Kami akan berupaya kelurahan ATTS diharapkan lebih baik dari yang lain dan siap menjadi contoh bagi kelurahan lain,” ujar Dt Pado Basa.

Wakil Ketua FKS Bukittinggi, Ali Rahman menyampaikan, dalam mewujudkan kota sehat, peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan. Sehat yang dimaksud, mencakup seluruh aspek.  “Mulai dari sehat lingkungan, sehat masyarakat, sosial, budaya, pariwisata, lalu lintas dan lainnya. Untuk itu, butuh kerjasama seluruh masyarakat dalam mewujudkannya. Diharapkan ada­nya sinkronisasi antara Forum Kota Sehat dari tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan,” jelas Ali.

Ali menambahkan, tugas berat untuk mewujudkan kota sehat saat ini, bertumpu pada mengubah kebiasaan atau perilaku masyarakat. “Mengubah perilaku sangat sulit, namun harus dilaksanakan, agar masyarakat dan lingkungan yang sehat dapat diwujudkan,”ujar Ali. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top