Menu

Keluarga Miskin di Padang Tercatat 53.969 KK

  Dibaca : 62 kali
Keluarga Miskin di Padang Tercatat 53.969 KK
Ilustrasi

RASUNA SAID, METRO – Jumlah keluarga atau Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kota Padang mencapai 53.969 rumah tangga. Saat ini, sebagian RTM itu sudah tersentuh dengan berbagai program penangulangan kemiskinan oleh pemerintah kota Padang.

Kepala Dinas Sosial Kota Padang Afriadi mengatakan, dari jumlah tersebut, sebanyak 30.194 RTM sudah menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tiap bulan.
Bantuan pangan non tunai adalah program pengganti beras sejahtera alias program raskin yang ada beberapa tahun lalu. Jumlah penerima sebanyak 30.194. Dari jumlah tersebut sebanyak 27.147 dibiayai dengan dana APBN.

Sedangkan, sekitar 3047 dibiayai dari APBD Kota Padang. Setiap rumah tangga menerima Rp110 ribu per bulan. Namun, pendistribusiannya bukan berupa uang. Melainkan beras, minyak dan kebutuhan pokok lainnya.

“Sampai saat ini pendistribusian berjalan lancar. Dengan program ini diharapkan jumlah warga miskin padang menjadi berkurang. Selain BPNT, pengendalian kemiskinan kota Padang juga dilakukan dengan program Keluarga Harapan-PKH,” jelas Afriadi.

PKH tersebut merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga penerima manfaat-PKM yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Di Kota Padang sendiri Program Keluarga Harapan-PKH tersebut telah berjalan sejak tahun 2014 hingga saat ini. Berdasarkan data di Dinas Sosial Kota Padang, peneriman bantuan PKH di Kota Padang tahun 2019 tercatat sebanyak 19.500 keluarga penerima manfaat.

Sejak di laksanakannya PKH tersebut, jumlah angka kemiskinan di Kota Padang terjadi penurunan. Hal tersebut disebabkan, dari data tersebut sudah banyak keluarga penerima manfaat yang mandiri. “Alhamdulillah dari tahun ke tahun sudah ada berkurang, yang dulunya penerima PKH sekarang sudah mandiri.

Untuk kelancaran selama berlangsungnya PKH tersebut, 91 orang pendamping membantu keluarga penerima manfaat tersebut. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional