Menu

Keluarga Besar Unbrah Disuguhi Makan Bajamba

  Dibaca : 225 kali
Keluarga Besar Unbrah Disuguhi Makan Bajamba
MAKAN BAJAMBA—Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto bersama Keluarga besar Universitas Baiturrahmah makan bajamba.

AGAM, METRO
Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto bersama Keluarga besar Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang makan bajamba di Balairung Adat Nagari Sungai Batang, usai pembukaan University Social Responsibility (USR) ke-4, di Puskesmas Maninjau, Sabtu (22/2).

Tradisi makan yang dilakukan masyarakat Minangkabau ini dilakukan dengan cara barapak atau duduk bersama. Dalam jamba terdapat berbagai makanan khas Minang yang dipersiapkan bundo kanduang Nagari Sungai Batang.

Sebelum jamba dibuka, diawali dengan pidato adat yang dilakukan antara tuan rumah dengan tamu. Tentu bagi Rektor Unbrah, Prof Musliar Kasim hal ini tidak asing selaku putra daerah Kabupaten Tanah Datar.

Wali Nagari Sungai Batang, Jon Hendra mengatakan, jamba disediakan sebanyak 30 unit, semua dipersiapkan oleh warga Sungai Batang. Ini membuktikan masyarakat sangat mendukung digelarnya USR di nagari tersebut.

“Bagi kita makan bajamba dilaksanakan pada setiap kegiatan tertentu, karena ini salah satu ciri khas budaya Minangkabau. Sehingga tradisi ini tidak hilang dan dapat diteruskan oleh generasi,” sebutnya.

Menurutnya, bagi masyarakat Minangkabau ini sudah menjadi kebiasaan baik pada kegiatan adat, hari besar Islam dan lainnya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional