Menu

Keltan Manggopoh Kembangkan Tumpang Sari Jagung

  Dibaca : 38 kali
Keltan Manggopoh Kembangkan Tumpang Sari Jagung
TUMPANG SARI— Kelompok Tani (Keltan) Batang Piarau Jorong Sago Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung kembangkan tumpang sari jgung dengan komoditi kedelai.

AGAM, METRO – Kelompok Tani (Keltan) Batang Piarau Jorong Sago Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung inovasio soal membudidayakan komoditi jagung dengan melakukan tanam perdana Tumpang Sari Jagung dan Kedele, Rabu (5/12).

Walinagari Manggopoh, Ridwan menuturkan kegiatan itu merupakan tindaklanjut dari Kementan melalui Pemkab. Agam yang baru-baru ini mencanangkan tumpang sari jagung-kedele.

“Kementan memiliki beberapa program terobosan untuk mencapai target produksi. Salah satunya pengembangan pola tanam tumpang sari padi jagung dan kedelai sistem tanam rapat,” ujar Ridwan.

Menurut Ridwan, pola tumpang sari memiliki beberapa keunggulan, di antaranya efisiensi penggunaan lahan sehingga tidak terjadi persaingan penggunaaan lahan antara komoditas padi, jagung dan kedela

“Di Nagari Manggopoh cocok pola tumpang sari, begitu juga beberapa Keltan juga bersemangat. Menandakan bahwa masyarakat semakin sadar terhadap keuntungan yang diperoleh dengan tumpang sari,” jelas Ridwan.

Tidak hanya petani, kegiatan ini juga disambut apresiasi dari banyak pihak, diantaranya, dinas pertanian, anggota DPRD Agam, Joni Putra Dt. Bintaro Hitam, koordinator BPP Kecamatan Lubuk Basung, Penyuluh Pertanian se-Kecamatan Lubuk Basung, Wali Jorong Sago, tokoh masyarakat dan seluruh kelompok tani yang mendapat bantuan program Pajale (padi, jagung dan kedele) ini dengan luas lahan tanam 70 hektare. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional