Menu

Kelpet Harapan Bersama Dibantu Rp. 10 Juta

  Dibaca : 309 kali
Kelpet Harapan Bersama Dibantu Rp. 10 Juta
TINJAU—Walikota Sawahlunto Deri Asta terjun langsung ke lokasi penanaman pakan ternak Kelpet Harapan Bersama.

SAWAHLUNTO, METRO
Melihat semangat dan kesiapan kelompok peternak (Kelpet) Harapan Bersama, yang digawangi oleh pemuda pengangguran dan putus sekolah, Deri Asta Walikota Sawahlunto siap untuk sokong dana motivasi sebesar Rp10 juta.Hal ini diungkapkannya saat meninjau langsung kegiatan kelompok peternak Harapan Bwrsama, di Puncak Cemara Kelurahan Saringan Kecamatan Barangin, Selasa (3/3).

“Bagi kita melihat semangat dari para pemuda yang notabene berasal dari pengangguran dan putus sekolah mampu membuat semacam kelompok ternak dengan swadaya sendiri, sungguh sesuatu yang membanggakan. Ini harus cepat difasilitasi dengan baik, kita akan koordinasi dengan Dinas Pertanian untuk memenuhi kebutuhan dari kelompok peternak ini. Mulai dari bantuan bibit kambing dan juga tambahan bibit dari tanaman pakan ternak,” urainya saat meninjau langsung lokasi penanaman pakan ternak dan lokasi kandang kambing yang telah selesai dibuat oleh kelompok peternak Harapan Bersama.

Dia menambahkan agar kelompok peternak ini segera menyusun proposalnya.”Buatlah proposal bantuan bibit ternak dan pakan ternak, dan untuk motivasi awal kita siap bantu dengan sokong dana sebesar Rp10 juta. Ini akan menjadi prioritas bagi Pemko, tentunya segera difasilitasi oleh instansi terkait tahun 2020 ini untuk pemenuhan kebutuhan kelompok peternak Harapan Bersama.

Ide pembentukan Kelpet Harapan Bersama ini sebenarnya muncul dari Bhabinkamtibmas Kelurahan Saringan Brigadir Polisi Valerian yang prihatin akan tingkat kenakalan remaja yang lebih menonjol di Kelurahan Saringan daripada Kelurahan lainnya di Kecamatan Barangin.

“Iya kita ingin agar pemuda yang tidak pengangguran dan putus sekolah bisa menjadi produkti, inovatif dan kreatif. Tujuannya agar mereka punya penghasilan dengan hasil jerih payah sendiri tanpa harus mengganggu ketentraman warga lainnya. Ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain untuk mengembangkan SDM, dan juga disini banyak lahan tidur mengapa tidak kita pergunakan, bisa seluas luasnya untuk peningkatan perekonomian kerakyatan,” ujar Brigpol yang masih muda dan ramah ini.

Ketua Kelompok Peternak Harapan Bersama, Harbony Simanulang sangat berharap Pemko dalam hal ini Dinas Pertanian langsung tindak lanjuti keinginan kelompoknya. Sebab dalam hal SDM dan lahan sudah sangat siap untuk segera digarap.

“ Kami berencana akan beternak kambing, sapi dan itik petelur. Untuk ketersediaan kandang kami telah miliki kandang kambing dengan kapasitas 20 ekor (18 ekor betina dan 2 ekor jantan), dan juga kandang sapi dengan kapasitas 5 ekor ditambah ketersediaan lahan untuk tanaman pakan ternak seluas 2 Ha. Untuk pembangunan kandang dan bibit dari pakan ternak yang kami tanam semuanya adalah hasil swadaya dari para anggota,” ujarnya saat media mewawancarainya.

Menurutnya kepada pihak media, saat ini kami sudah memiliki akte notaris, dengan struktur organisasi yang jelas, dan jumlah dari anggota ada 23 orang pemuda. “ Dukungan dan semangat dari Pemko kita nantikan, agar pemuda kita bisa memanfaatkan lahan lahan yang tidak produktif ini menjadi produktif,” pungkasnya usai kelompok peternaknya ditinjau oleh Walikota Deri Asta. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional