Menu

Kelompok Tani Bukik Nan Jombang Dapat Program Pembibitan

  Dibaca : 153 kali
Kelompok Tani Bukik Nan Jombang Dapat Program Pembibitan
Kelompok Tani Bukik Nan Jombang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Bayang mengembangkan pembibitan tanaman yang bernilai ekonomis.

PESSEL, METRO–Kelompok Tani Bukik Nan Jombang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Bayang mengembangkan pem­­bi­bitan tanaman yang ber­nilai ekonomis seperti jeng­kol, kulit manis, pinang, bayur, pokat dan petai.

“Ya, kami mendapat bantuan program pem­­­­­­bi­bitan beberapa jenis tana­man dari K­emen­­terian Ling­kungan Hidup dan Ke­hutanan melalui Badan P­e­ngelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Agam Ku­antan,” ungkap Ketua Ke­lompok Tani Hutan Bukik Nan Jombang, Yusmardi, Jumat (27/8).

Ia menjelaskan, ada­pun bibit tanaman itu ada­lah jengkol 10 ribu batang, kulit manis 10 ribu batang, pinang 4 ribu batang, bayur 3 ribu batang, pokat 1 ribu batang dan petai 1 ribu batang.

Dikatakan, bibit tana­man itu akan ditanam pada lahan seluas 25 hektare di kawasan Bukik Nan Jom­bang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Bayang. “Saat ini tanaman tersebut ma­sih dalam tahap pera­wa­tan di lokasi pembibitan,” ungkapnya.

Lanjutnya, selain ban­tuan bibit tanaman bernilai ekonomis itu, Kelompok Tani Bukik Nan Jombang juga mendapat pembinaan dan bimbingan tentang cara perawatan tanaman yang baik dari BPDAS A­gam Kuantan.

Menurutnya, tanaman tersebut merupakan ta­naman tua yang bisa dipa­nen dalam kurun waktu 4 tahun kedepan. Akan te­tapi, tanaman tersebut sangat menjanjikan dari segi ekonomi.

“Hasil dari tanaman itu akan dinikmati oleh ang­gota kelompok dan menjadi sumber ekonomi di masa mendatang. Tentu, sangat diperlukan keseriusan ang­gota kelompok mengem­bangkan tanaman ter­se­but,” katanya.

Ia menambahkan, Ke­lompok Tani Bukik Nan Jombang memilik 20 orang anggota yang memiliki la­han di kawasan Bukik Nan Jombang. Kemudian ke­lompok ini juga telah me­miliki koperasi.(rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional