Menu

Kelola Sampah, Rawang Maksimalkan TPS3R

  Dibaca : 80 kali
Kelola Sampah, Rawang Maksimalkan TPS3R
Ilustrasi

PADANG, METRO
Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, saat ini sudah memiliki tempat pengelolaan sampah dengan menggunakan sistim Reduce, Reuse dan Recycle. Atau yang dikenal dengan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R).

Keberadaan TPS3R di Kelurahan Rawang ini diharapkan dapat dimanfaatkan warga secara maksimal dalam mengatasi permasalahan sampah di wilayah tersebut.

Lurah Rawang Andi Amir mengapresiasi keberadaan TPS3R. Pemerintah Kelurahan Rawang berharap dengan beroperasionalnya TPS3R ini, hendaknya dapat mengubah sampah menjadi material yang tidak berbahaya bagi lingkungan hdup serta memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat.

“Untuk tahap awal, kita jadikan RW 13 Kelurahan Rawang sebagai kawasan percontohan operasional TPS3R,” sebut Andi.

Nanti dalam operasionalnya menurut Andi, penanganan sampah rumah tangga warga dilakukan oleh petugas yang ditunjuk oleh pengelola TPS3R. Melalui program tersebut, warga di RW 13 ini akan mampu mengelola sampah sendiri hingga tidak sampai mengirim ke tempat TPS.

“Nantinya sampah rumah tangga tersebut akan dipilah berdasarkan jenisnya, sampah organik akan diolah menjadi kompos, sedangkan sampah non organik alan dimanfaatkan dengan dibuat menjadi aneka produk kerajinan,” ujarnya.(ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

<span class="blue2 bdrblue">Fanpage</span> <span class="red">Facebook<span>

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional