Menu

Kelola Sampah, Rawang Aktifkan TPA 3R

  Dibaca : 132 kali
Kelola Sampah, Rawang Aktifkan TPA 3R
SOSIALISASI— Lurah Rawang, Andi Amir memberikan sambutan saat sosialisasi pemanfaatan TPS 3R.

RAWANG, METRO
Kelurahan Rawang Kecamatan Padang Selatan mengadakan sosialisasi pemanfaatan tempat pengelolaan sampah reuse, reduce, recycle (TPS 3R) di aula Bapermas Kelurahan Rawang, Rabu (21/10). Sosialisasi ini dilakukan untuk memaksimalkan fungsi TPR 3R.

Sosialisasi pemanfaatan TPS 3R ini dihadiri oleh Kasi Komunikasi Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Padang, Yopi Ekaputra. Kemudian juga hadir pendamping lapangan optimalisasi TPS 3R satker advisory Kementerian PUPR, Sri Agustini.

Lurah Rawang, Andi Amir mengatakan, di Kelurahan Rawang sudah berdiri TPS 3R semenjak 2017. Namun sampai saat sekarang belum berjalan optimal. Maka perlu dijelaskan lagi kepada masyarakat pemanfaatannya agar dapat lebih fokus untuk mengaktifkan lagi keberadaan TPS 3R.

Sesuai dengan namanya terang Andi, TPS 3R yakni tempat pembuangan sampah dengan menggunakan sistem reduce, reuse dan recycle. Maka program ini bertujuan mengurangi volume sampah (reduce), menggunakan kembali (reuse) dan mendaur ulang sampah (recycle).

“Program pengelolaan sampah di TPS 3R dilakukan mulai penjemputan sampah di tiap rumah, memilah, memilih sampah sesuai jenisnya hingga pengelolaan sampah organik untuk dijadikan kompos,” sebut Andi.

Tujuan program pemerintah menurut Andi adalah memberikan sarana kepada masyarakat di kawasan pemukiman padat. Seperti di perkotaan yang ingin melakukan pengelolaan sampah berbasis masyarakat sesuai dengan pilihan dan kondisi lingkungan sekitarnya.

“TPS 3R di Kelurahan Rawang harus kita fungsikan secara maksimal sesuai tujuannya. Sehingga sampah bisa berkurang dan yang masih bisa digunakan tentukan dimanfaatkan, termasuk yang bisa didaur ulang dapat diolah lagi menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomis,” tukasnya.

Ia berharap, bila TPS 3R bisa berjalan maksimal maka akan menjadi solusi bagi pengentasan masalah persampahan di kawasan di Kecamatan Padang Selatan, khususnya Kelurahan Rawang. Selain itu, juga dapat menjadi sumber pendapatan keluarga guna menunjang peningkatan perekonomian berbasis masyarakat. (rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional