Close

Kelanjutan Perkara Rs. M.Zein Painan Bukit Taranak, Kejati Sumbar Tunggu PPATK

PESSEL, METRO–Pembangunan Gedung baru RSUD M.Zein Painan di bukit Kabun Taranak, Nagari Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan menelan anggaran Rp.99 miliar, dibiyayai lewat pinjaman daerah ke Pusat investasi Pemerintah ( PIP) dimulai pada tahun 2015. Hingga kini, pemeriksaan Kejati Sumbar masih menunggu Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan ( PPATK).

Sebelumnya kegiatan dilakukan tim satgas Tindak Pidsna Korupsi ( Tipikor) Kejati Sumbar telah melakukan pengumpulan bukti – bukti baru dalam perkara pembangunan RSUD. M. Zein Painan. Dari jumlah itu, Rp. 96 miliar digunakan untuk pembuatan gedung dan sisanya Rp. 3 miliar guna melengkapi peralatan kesehatan RSUD.

Namun pada tahun 2106, pemerintah Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menghentikan kegiatanya. Dengan alasan, tidak dikantonginya dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ( AMDAL). Ketika itu, progres kegiatan sudah mencapai bobot 80 %, dimana dikerjakan PT. Sarana Mulit Investasi ( SMI) dengan tenor 5 tahun.

Pada Pos Metro  Kasi Penkum Kejati Sumbar, Fifin Suhendra, SH,MH mengatakan, hingga kini kelanjutan pemeriksaan dan kelanjutan perkara RS. M.Zein Painan Bukit Taranak, Kejati Sumbar Tunggu PPATK.

” Data – data yang telah didapatkan saat turun kebawah terus dipelajari dan verifikasi, untuk alat bukti surat. Dan proses penyidikan terus berjalan,” tegas Suhendra, dihubungi. Selasa (19/7/2022).

Lebih lanjut, Kasi Penkum Kejati Sumbar, Fifin Suhendra, SH,MH menyampaikan juga telah melakukan pemanggilan terhadap PPK, PPTK, dan dinas terkait. Serta pemeriksaan saksi – saksi. Sebelumnya kegiatan dilakukan tim satgas Tindak Pidsna Korupsi ( Tipikor) Kejati Sumbar telah melakukan pengumpulan bukti – bukti baru dalam perkara pembangunan RSUD. M. Zein Painan. Dari jumlah itu, Rp. 96 miliar.

Dan, terkait pemeriksan perkara RSUD Painan pada intihnya tetap berlanjut, tekuknya. ( Rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top