Menu

Kekeringan Meluas, PDAM Rutin Distribusikan Air Tangki pada Warga

  Dibaca : 72 kali
Kekeringan Meluas, PDAM Rutin Distribusikan Air Tangki pada Warga
melepas— Wakil walikota Padang, Hendri Septa melepas rombongan PDAM Padang, PMI dan BPBD pembawa bantuan air pada warga yang dilanda kekeringan (sriagustini/posmetro)

AGUS SALIM, METRO  – PDAM Kota Padang menjadi tulang punggung penyedia air bersih masyarakat Kota Padang di musim kemarau ini. Saat ini puluhan ribu kubik air didistribusikan pada warga setiap harinya sebagai akibat dari kekeringan yang semakin meluas.

Dalam menjalankan fungsinya tersebut, PDAM Kota Padang juga bekerjasama dengan BPBD, PMI, dan NGO. Kamis (19/9) kemarin, secara resmi wakil walikota Padang, Hendri Septa melepas iring iringan mobil tangki berisi air bersih ini dari plataran parkir kantor pusat PDAM Kota Padang, jalan Agus Salim Padang.

“Mari kita berdoa agar kekeringan ini tidak semakin meluas. Untuk memenuhi kebutuhan air, kita akan distribusikan air melalui tangki,”sebut Hendri Septa.

Ia juga mengajak warga Kota Padang untuk berhemat pemakaian air. Karena saat ini PDAM Kota Padangpun juga mengalami krisis air. Terutara di daerah selatan.

“Debit air yang menjadi sumber bagi PDAM juga jauh berkurang. Makanya kita menghimbau pada masyarakat agar berhemat dalam pemakaian air,ulasnya.

Sementara itu Direktur Teknik PDAM KotaPadang, Andri Satri didampingi Direktur Umum, Afrizal Kuning mengatakan saat ini PDAM Padang mengalami pengurangan debit air di beberapa titik. Di daerah selatan Kota Padang, terjadi pengurangan debit air sebesar 50 persen dibandingkan dengan kondisi normal. Bahkan dibeberapa intake PDAM, seperti ketersediaan air hanya tinggal 30-40 persen saja. Seperti intake PDAM Lubu Paraku. AKibatnya distribusi air pada warga menjadi berkurang. Sehingganya, untuk memenuhi kebutuhan air warga, PDAM menyalurkannya melalui air tangki.

“Di daerah selatan, debit air kita tinggal 40 persen saja. Di beberapa titik lainnya juga demikian,”katanya.

Sejak beberapa waktu belakangan, PDAM Kota Padang akan mencoba mengkerahkan tenaga yanga ada untuk mendistribusikan air pada warga yang kekeringan.

“ Kita akan bantu semaksimal mungkin. Kami juga bekerjasama dengan instansi terkait lainnya. Seperti BPBD, PMI dan ACT (Aksi Cepat Tanggap). Saat ini distribusi air melalui tangki seara rutin telah dilakukan di beberapa titik. Seperti Beringin Lubuk Kilangan, Padang Selatan, Bukit Gado-gado, Seberang Palinggam dan titik lainnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional