Close

Kejuaraan Sepatu Roda Geliatkan Ekonmi, Libatkan Sebanyak 510 Atlet Sepatu Roda dari Sumatera dan Jawa

MOTIVASI--Wako Pariaman Genius Umar saat melakukan motivasi atlet sepatu roda yang menjadi peserta kejuaraan sepatu roda di Sirkuit Sepatu Roda Pantai Cermin.

PARIAMAN, METRO–Walikota Pariaman H Genius Umar menyatakan, geliat ekonomi di ajang kejuaraan terbuka tingkat nasional sepatu roda Pa­riaman Baroda 2022. Kali ini memperebutkan Piala Walikota Pariaman  di Sirkuit Sepatu Roda Pantai Cermin, Kelurahan Lohong, Kecamatan Pariaman Te­ngah, yang dilaksanakan selama dua hari, 4-6 Maret.

Walikota Pariaman, Ge­nius Umar menyebutkan, sebanyak 510 atlet sepatu roda yang berasal dari Sumatera dan Jawa ikut berkiprah di kejuaraan sepatu roda ini. Selain itu juga didukung keluarga, kerabat, bahkan pengurus cabang olahraga (Cabor) sepatu roda dan KONI dari daerah yang turut bagian dalam Pariaman Baroda 2022.

“Setiap ajang Kejuaraan Sepatu Roda, memang menarik para atlet, pelatih dan official disetiap daerah yang tersebar di seputaran Su­matera dan beberapa bahkan datang dari Pulau Jawa, untuk ikut andil bagian da­lam kejuaraan sepatu roda yang dilaksanakan di Kota Pariaman ini,” ujar Genius Umar.

Karena itu, setiap ivent sepatu roda di Kota Pariaman, hampir semua Hotel dan Homestay yang ada selalu penuh, bahkan ada yang menyewa rumah pen­duduk, dan ada juga yang menginap di Kota Padang, karena minimnya ketersediaan kamar di Hotel dan Homestay yang ada. “Kalau setiap keluarga yang atletnya berlaga membawa orangtua, kakak dan adik, atau kerabat lainya, bisa dibayangkan berapa jumlah orang yang datang. Di mana mereka juga menginap, makan dan membeli oleh-oleh di Kota Pariaman, sehingga per­putaran ekonomi dan geliat ekonomi di Kota Pariaman 3 hari terakhir akan semakin tinggi lagi,” ujar Genius Umar.

Dari ajang ini, Genius menambahkan, dapat disimpulkan bahwa Kota Pa­riaman terbuka untuk mem­buka peluang para investor untuk menanamkan investasinya di sektor pariwisata dan kuliner. Karena masih minimnya sarana dan prasarana pendukung untuk itu, seperti hotel dan restoran. Maka pada masa mendatang perlu diting­katkan pembangunan sarana dan prasarana pendukung sektor pariwisata di Kota Sala Lauk Pariaman ini.

Genius Umar  menambahkan, belum para pedagang yang ada di sekitar sirkuit Sepatu Roda Pantai Cermin, di mana sepanjang kejuaraan ini diadakan, selama kemarin dan hari ini, pendapatanya me­ningkat drastis. Karena ramainya keluarga dan pendukung yang menyaksikan ivent Sepatu Roda tingkat Nasional ini.

“Semoga ajang Sport Tourism Sepatu Roda ini, dapat terus kita lakukan, dan diakhir Tahun 2022 ini, kita juga akan menggelar Kejuaraan Sepatu Roda tingkat Nasioanal kembali, yang insya allah akan  mem­perebutkan Piala Ibu Negara RI, Iriana Jojo Widodo,” ungkap Genius Umar, yang juga Ketua Pengprov Porserosi Su­matera Barat ini.

Genius mengapresiasi Porserosi Kota Pariaman yang sukses menggelar ajang Kejuaraan Terbuka Tingkat Nasional Sepatu Roda “Pariaman Baroda 2022” ini. Sehingga sukses dan diikuti hampir seluruh daerah di Sumatera dan beberapa dari Jawa, seperti Banten, Bekasi, Medan, Riau, Palembang, Jambi dan beberapa daerah lainnya.

“Kejuaraan Sport Tou­rism yang menjadikan o­lahraga menjadi wisata, dan berwisata sambil berolahraga ini memang sangat mempunyai nilai jual yang tinggi, sehingga dapat me­ningkatkan geliat ekonomi daerah,” tutup Genius Umar. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top