Close

Kejuaraan Memanah Berkuda 2022, Mempertandingkan Sembilan Kategori Lomba di Kota Sawahlunto

MEMBUKA—Wali Kota Sawahlunto Deri Asta membuka dengan resmi Kejuaraan Memanah Berkuda yang memperebutkan Piala Wali Kota.

SAWAHLUNTO, METRO–Kejuaraan memanah berkuda atau Horse Back Archery (HBA) Indonesian Tour 2022 yang memperebutkan Piala Wali Kota Sawahlunto berlangsung di Kandi, Sabtu -Minggu 18-19 Juni 2022. Kejuaraan ini mempertandingkan sembilan kategori perlombaan.  Ketua Panitia Horse Back Archery Wali Kota Sawahlunto Cup Bemby Fernanda, Sabtu 18 Juni 2022 merinci Sembilan ka­tegoti itu adalah Horsebow Umum On Horse putra – putri, -Serial Shoot Track 2 Run, Horsebow Umum On Horse putra – putri, Indonesian Style 2 Run, Horsebow Umum On Ground 125 m putra dan Horsebow Umum On Ground 70 m putra.

“Kemudian kategori Flight Shoot Unlimited putra, Fast Shooting Putra 15 m putra, Horsebow Children On Ground 20 m putra, Horsebow Children On Ground 20 m putri dan Horsebow Umum On Ground 30 m putri,” ujar Bemby.

Disampaikan Bemby, total jumlah peserta mencapai 150 orang, dengan peserta dari luar Sumbar yaitu Jatim, Palembang, Aceh, Sumut, Jambi, Ban­ten dan Bengkulu.  Ketua Komisi Horse Back Archery Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sumbar Darma Hendra mengatakan kejuaraan Wali Kota Sawahlunto Cup ini sekaligus menjadi ajang menja­ring atlet yang akan dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON).

Sementara, Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti yang membuka secara resmi Horse Back Archery Wali Kota Sawah­lunto Cup 2022 ‘Sato Mambao’ menyebutkan, Pemko Sawahlunto melalui Dinas terkait mendukung dan membantu penyelenggaraan iven olahraga masyarakat itu.

“Kita mendukung de­ngan menyediakan dana untuk hadiah kejuaraan ini, kemudian lokasi di Kandi ini. Setelah itu sarana dan pra sarana penunjang iven. Terima kasih kepada para peserta, apa­lagi yang berasal dari luar Sumbar sudah bersedia datang jauh-jauh ke Sa­wahlunto mengikuti iven ini,” kata Zohirin.

Dengan kehadiran pa­ra peserta yang didam­pingi keluarga masing-ma­sing ke Kota Sawah­lunto, Wawako Zohirin Sayuti menyebutkan, itu sudah memberikan dampak pertumbuhan eko­nomi pada masyarakat. “Alhamdulillah, silahkan bagi bapak ibuk dan adik-adik menikmati berlomba di Sawahlunto. Sementara bagi masyarakat Sa­wahlunto dapat menikmati rezeki dari bapak ibuk yang ditinggalkan dalam bentuk membayar penginapan, membayar makan minum dan lain-lain,” kata Zohirin.

Kadis Pemuda dan Olah­­raga (Kadispora) Sumbar Didi Diantolani yang ikut menghadiri pembukaan kejuaraan memanah berkuda itu mengatakan, Kota Sawahlunto sudah sangat tepat menjadi tuan rumah iven panah dan berkuda.  “Sebab sudah pas Sawahlunto sebagai tuan rumahnya, kita mendorong supaya kejuaraan ini dijadikan iven tahunan kota. Atau buat lagi iven baru yang terkait panah dan berkuda ini, kita melihat Sawahlunto siap dan bagus sebagai tuan rumah,” kata Didi.

Ketua Harian Pordasi Kota Sawahlunto Irsal Adam menyebut pihaknya mendukung kejuaraan itu moril dan materil se­bab berdampak mening­katkan gairah olahraga berkuda yang tentu akan membantu menumbuhkan pariwisata, peternakan kuda dan ekonomi masyarakat. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top