Close

Kejar Terget 70 Persen, Pemko Payakumbuh Kembali Gelar Gebyar Vaksinasi Covid-19

Riza Falepi.

POLIKO, METRO–Sukses pada pelak­sana­an Gebyar Sumbar Sadar Vaksin, dengan capaian sampai 4.151 orang dari target semula 4 ribu orang, Pemko Payakumbuh kembali melaksanakan Gebyar Vaksinasi hari ini Rabu (3/11). Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi didampingi Sekretaris Da­erah Rida Ananda, Asisten I Dafrul Pasi dan Asisten III Amriul mengatakan, dengan gebyar vaksinasi ini peningkatan capaian vaksinasi Kota Payakumbuh meningkat cukup tinggi dimana awal Oktober lalu baru 36 persen dan di akhir bulannya sudah men­capai 54,2 persen.

“Gebyar vaksin ini kita lihat sangat efektif, rencanya kita akan laksanakan lagi Rabu ini, dan juga akan diberikan doorprize kepada masyarakat kita yang ikut divaksin pada hari tersebut,” kata Wako Riza Falepi saat Rakor Bersama seluruh OPD, Camat, Lurah dan Kepala Puskesmas di Au­la Ngalau Indah Balai Kota Payakumbuh, Senin (1/11).

“Untuk lokasi sama dengan Sumdarsin kemaren, akan dipusatkan di GOR M. Yamin dan di lima Kecamatan Kota Payakumbuh. Untuk syarat cu­kup membawa KTP atau Kartu Keluarga,” tambahnya.

Wako Riza yakin bisa mencapai target 70 per­sen dalam waktu dekat ini, sebab untuk target berkala tinggal 16 persen lagi, hanya butuh kerja sama dan kesadaran ma­sya­rakat akan perlunya vaksinasi ini.

“Diharapkan dalam dua minggu ini bisa mencapai 70 persen. Setelah tercapai kita akan tetap terus memberikan vaksinasi kepada masyarakat yang belum. Kalau perlu kita akan datangi door to door masyarakat kita, supaya herd immunity itu benar-benar terbentuk dan bisa melindungi ma­syarakat kita,” terang­nya.

Untuk masyarakat yang komorbid, berdasarkan informasi dari tim dokter, disampaikan Wako Riza Falepi bahwa akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter spesialis. Apakah masya­rakat yang komorbit itu bisa diberikan vaksin atau tidak, kalau setelah pemeriksaan bisa maka a­kan langsung diberikan vaksinnya. “Untuk yang komorbid ini, vaksinasi­nya akan dilakukan di Rumah Sakit. Dan untuk jadwal­­nya setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu,” ucapnya. “Kita juga menyediakan transportasi untuk layanan vaksinasi ini, tinggal diberi tahu dan tim akan langsung menjemput warga kita tersebut,” pung­kasnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top