Close

Kejar Target Capaian Vaksinasi 70 Persen, Kota Padang Batasi Warga dengan 20 Poin Edaran

Hendri Septa.

A YANI, METRO–Wali Kota Padang Hendri Septa menegaskan, Pemko Padang bertekad penuh untuk melakukan segala upaya dalam pengendalian Covid-19 di Padang. Termasuk target 70 persen realisasi vaksinasi pada Desember 2021 nanti.

“Kita bersyukur status Kota Padang sudah Pem­berlakuan Pembatasan Ke­giatan Masyarakat (PPKM) level 4. Meski demikian kita tetap berupaya ekstra ba­gaimana betul-betul lepas dari PPKM dalam waktu dekat sesuai target Presi­den yakni diangka 70 per­sen,” sebut Hendri Septa.

Salah satu upayanya adalah, mengeluarkan Su­rat Edaran (SE) tentang PPKM Level 2 Pencegahan Pandemi Covid-19. SE ini menindaklanjuti Inmen­dagri No. 54 Tahun 2021. Dimana ada 20 poin yang mengatur dan membatasi kegiatan masyarakat agar tidak menimbulkan penye­baran Covid-19.

Dengan poin-poin atu­ran ini, diyakini Hendri, Kota Padang  bisa menca­pai target tersebut. Ter­masuk pembatasan pada perayaan Natal dan Tahun Baru.

Sebelumnya, Wali Kota Padang mengikuti video conference bersama Presi­den dan Wakil Pre­siden.  Selain itu peserta vidcon juga sejumlah Men­teri dan pejabat setingkat Menteri, Gubernur, Wali Kota dan Bupati se-Indonesia, Ke­pala Staf Kepre­si­denan, Jaksa Agung, Pang­lima Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepala Kepo­lisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Dalam arahannya Pre­siden Jokowi menyam­pai­kan beberapa hal yang ber­hubungan dengan upa­ya percepatan pengen­dalian Covid-19 di tanah air.

Presiden berpesan ke­pada setiap kepala daerah yang penyebaran Covid-19 sudah melandai di dae­rahnya, agar tetap was­pada dan siaga di samping terus berupaya melakukan pe­ngendalian secara optimal.

“Oleh sebab itu, saya minta para Gubernur, Pang­dam dan Kapolda serta bupati dan wali kota agar tetap meningkatkan upaya pengendalian Covid-19 di daerahnya masing-ma­sing. Terus lakukan tracing dan testing bagi setiap kasus Covid-19 yang dite­mukan,” imbau Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin.

Selanjutnya kata dia, bagi daerah-daerah yang capaian vaksinasinya ma­sih rendah atau di bawah 50 persen dari target vak­sinasi agar terus menge­jarnya untuk bisa mencapai di atas 50 persen di akhir November 2021 lalu di akhir Desember 2021 mencapai di atas 70 persen.

“Vaksinasi ini penting sekali bagi kita dalam men­jaga dan melindungi rakyat kita agar memiliki herd immunity dari terpapar Co­vid-19. Begitu juga berkai­tan dengan pertumbuhan ekonomi kita,” lanjutnya.

Selain itu Jokowi juga menekankan kepada selu­ruh daerah sekaitan libur Natal dan Tahun Baru nan­tinya. Sebab, dari pengala­man yang terjadi di tahun lalu pada momentum dua hari libur nasional ini seti­daknya memberikan efek pening­katan penyebaran Covid-19 yang tidak begitu kecil.

“Saya meminta agar hal ini diatur dan dikelola setiap kepala daerah se­hingga saat Natal dan Ta­hun baru tidak terjadi lonjakan atau gelombang baru penye­baran Covid-19. Maka itu bagi setiap kepala daerah diharapkan agar bisa mem­batasi warganya dari kegia­tan yang menim­bulkan ke­rumunan dan sekaligus me­ngimbau agar tidak ada yang bepergian kemana-mana,” imbuh Jo­kowi.

Terakhir Jokowi juga menginginkan terkait pem­be­lajaran tatap muka (PTM) bagi peserta didik  terus didorong oleh peme­rintah daerah masing-ma­sing. “Begitu juga dibarengi per­cepatan vaksinasi ter­hadap anak-anak kita terse­but. Sehingga dengan kembali dibukanya PTM kita tetap menghadirkan pendidikan berkualitas bagi mereka meskipun di masa pande­mi,” pungkasnya. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top