Close

Kejar Target 70 Persen Vaksinasi di Pessel, BINDA Sumbar Gandeng Bundo Kanduang

IKUTI VAKSINASI—Sejumlah lansia dan anak-anak mengikuti vaksinasi yang diinisiasi oleh BINDA Sumbar di kantor Wali Nagari Painan Utara, Sabtu (11/12).

PESSEL, METRO–Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Sumatra Barat, Kembali menggempur tiga wilayah yakni Ka­bupaten Pesisir Selatan, Pasaman Barat dan Kabupaten Limapuluh kota de­ngan vaksin Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19, Sabtu (11/12). Sebanyak 8 ribu warga di tiga wilayah itu ditargetkan me­nerima suntikan vaksin. Khusus di Kabupaten Pesisir Selatan yang kini angka capaian vaksinasi baru 54,71 persen, BINDA Su­matra Barat menggandeng Bundo Kanduang setempat. Sejumlah Bundo Kan­duang, bahkan tampak turun langsung ke gerai vaksinasi di kantor Wali Nagari Painan Utara.

Yuri Darmi, Bundo Kan­duang Pesisir Selatan menyampaikan terima kasih kepada BINDA Sumatra Barat yang bersama-sama dengan Bundo Kanduang dalam program vaksinasi ini. Menurut Yuri, agar apa yang ditargetkan bisa terwujud, memang dibutuhkan sinergi yang kuat an­tara Pemerintah dengan tokoh masyarakat.

“Bundo Kanduang Pesisir Selatan bekerjasama dengan BINDA Sumbar, mengimbau kepada seluruh masyarakat di Pesisir Selatan untuk segera datang ke gerai-gerai vaksin. Agar Covid-19 dapat kita cegah penularannya. Kita imbau sekali lagi, ayo beramai datang ke gerai vaksinasi yang ada. Ini, bagian dari ikhtiar kita,”tutup Yuri Darmi.

Menurut Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Sumatra Barat Hendra, selain Ninik Mamak, Alim Ulama dan Cadiak Pandai, peran Bundo Kanduang juga sangat di­butuhkan untuk mensosia­lisasikan pentingnya vaksinasi dimasa Pandemi saat ini.

Untuk itu, Bundo-Bundo Kanduang di Pesisir Selatan, hari ini dilibatkan untuk terjun langsung di gerai-gerai vaksinasi. Bundo Kanduang yang bersentuhan langsung dengan ma­syarakat, diyakini akan mampu membangkitkan kesadaran masyarakat.

“Hari ini, di Kabupaten Pesisir Selatan, kita turun bersama Bundo Kanduang. Peran Bundo Kanduang ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk da­lam mensukseskan vaksinasi di Sumatra Barat. Saat ini, salah satu yang menjadi prioritas kita adalah Lansia dan Pelajar. Karena, baik lansia maupun pelajar, juga memiliki tingkat resiko tinggi terinfeksi,”kata Hendra, Sabtu (11/12) saat me­nyaksikan vaksinasi di kantor walinagari Painan Utara.

Hendra menegaskan, sesuai target yang ditetapkan pemerintah pusat 70 persen angka capaian vaksinasi untuk Provinsi Su­matra Barat, pihaknya a­kan berupaya keras me­ngejar target tersebut di sisa 20 hari pada bulan ini.

Wilayah-wilayah de­ngan angka capaian vaksinasi masih rendah dan akses yang sulit dijangkau kata Hendra, akan didatangi oleh tim vaksinator yang sebelumnya direkrut BINDA Sumbar untuk mensukseskan program vaksinasi massal ini.

“Target kita hingga a­khir tahun ini 70 persen. Capaian vaksinasi 70 per­sen ini nantinya akan melengkapi capaian target nasional yang sebelumnya ditetapkan Presiden Jokowi 2 juta penerima. Kita akan genjot terus angka capaian vaksinasi ini. Kita berterima kasih kepada Bundo Kanduang yang hari ini turut ikut ambil bagian mensukseskan program vaksinasi ini,”ujar Hendra.

Selain gencar melaksanakan program vaksinasi massal kata Hendra lagi, pihaknya juga menyalurkan bantuan sembako kepada seluruh peserta vaksinasi dan warga yang hingga kini masih terdampak akibat pandemi Covid-19.  Bantuan sembako ini, merupakan wujud kepedu­lian Pemerintah terhadap masyarakat yang menga­lami kesulitan ekonomi a­kibat dihantam Covid-19. “Kita juga salurkan bantuan sembako. Bantuan sembako ini, sejalan dengan program vaksinasi. Peserta vaksinasi yang datang ke gerai-gerai kita, kita berikan juga sembako. Nah, di Kabupaten Limapuluh Ko­ta, konsep vaksinasi kita juga lakukan door to door selain vaksinasi terpusat, juga kita berikan sem­ba­ko,”kata Hendra. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top