Close

Kehadiran BPK-KAP di Kota Solok Bisa Membantu Kelola Keuangan Daerah

KEDATANGAN BPK—Walikota Solok Zul Elfian kedatangan tamu rombongan dari BPK Perwaklan Sumbar dan Kantor Akuntan Publik (KAP).

SOLOK, METRO–Wali Kota Solok Zul Elfian menerima kedatangan rombongan Kepala Badan Peme­riksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumbar, Yusna Dewi dan tim Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Solok. Kedatangan rombongan BPK, untuk melakukan pemeriksaan terinci sampai tanggal 11 April 2022.

Pemeriksaan ini setelah wali kota Solok menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Dae­rah (LKPD) Kota Solok Tahun 2021 kepada BPK Perwakilan Sumbar beberapa waktu lalu.

Walikota Solok Zul Elfian mengatakan, kehadiran BPK dan KAP sangat diharapkan Pemko Solok dalam membantu serta mendampingi pengelolaan keuangan daerah. “Kita telah mewanti-wanti agar tidak ada lagi permainan dalam mengelola anggaran,” tegas Zul Elfian.

Dirinya juga mengingatkan kepada OPD terkait untuk memfasilitasi BPK dan KAP selama di Kota Solok yang akan bertugas melakukan pemeriksaan LKPD.

“Semoga hasil pemeriksaan di Kota Solok mendapatkan hasil yang baik, sekaligus memperbaiki temuan-temuan yang ada. Dan nantinya opini WTP kembali dapat diraih oleh Kota Solok,” harap Zul Elfian.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Yusna Dewi mengatakan, LKPD Kota solok akan diperiksa KAP de­ngan didampingi BPK Perwakilan Sumbar. Setelah pemeriksaan interim beberapa waktu lalu, dilanjutkan pemeriksaan terinci.

“Tim akan diketuai oleh bapak Hijroh Mustafa. Sudah beberapa tahun ini kita memakai KAP. Ke depan, kita akan memberdayakan KAP, dan BPK nan­tinya hanya fokus kepada ki­nerja dan kepatuhan,” jelas Yusna Dewi.

Yusna Dewi, mengatakan KAP yang dipakai BPK sudah berpengalaman dalam melakukan pemeriksaan. Ia mengharapkan pemeriksaan dapat berjalan lancar, dan indikasi temuan agar segera diselesaikan oleh Pemko Solok.

“Intinya tidak ada bedanya pemeriksaan oleh BPK dan KAP. Silahkan manfaatkan untuk berdiskusi dengan teman-teman dengan KAP, semoga terjalin komunikasi yang baik antara Pemko Solok dengan KAP. Kepada tim yang akan bertugas, tetap jaga kesehatan dan jaga protokol kesehatan,” tutup Yusna Dewi. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top