Menu

Kecamatan Ulakan Lahirkan Penghafal Alquran

  Dibaca : 71 kali
Kecamatan Ulakan Lahirkan Penghafal Alquran
SELEKSI— Untuk menciptakan generasi cinta Al-Qur’an serta menumbuh kembangkan penghafal Al-Qur’an, Ulakan Tapakih melakukan seleksi hafiz.

PDG. PARIAMAN, METRO
Dalam memotivasi dan memupuk generasi cinta Al-Qur’an serta menumbuh kembangkan penghafal Al-Qur’an di Kecamatan Ulakan Tapakih, kemarin, sebanyak 81 orang Hafizh dan Hafidzah usia 5 sampai 10 tahun dari 8 Nagari, mengikuti seleksi kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an kategori 1 sampai 4 juz.

“Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mewujudkan program Gerakan Seribu Penghafal Al-Qur’an GEBU PAFA ini, berlangsung di Mesjid Nurul Iman Korong Rawang Nagari Tapakis,” kata Plt. Camat Ulakan Tapakih Syafruddin kemarin.

Terlihat hadir dalam acara itu, Kasi Kesra Kecamatan Asni Gusti, Penyuluh Fungsional KUA Erlindawati dan Kasi Kesra Nagari Tapakih Maryulis. Tim Seleksi berasal dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ulakan Tapakih dan Penyuluh honorer, dipimpin oleh Dahlan beserta Burhani dan Nalis Nazir sebagai anggota.

Camat Syafruddin mengatakan anak-anak yang Hafidz dan Hafidzah Al-Qur’an ini, akan melahirkan generasi muda yang Qur’ani di Kecamatan Ulakan Tapakih. Ikutilah seleksi ini dengan baik dan hati-hati, ada kriteria penilaian dari Tim. Bagi mereka yang lolos seleksi nantinya, akan diberikan bantuan beasiswa oleh Pemerintah Daerah melalui Bagian Kesra sesuai dengan tingkatan hafalannya.

“Karena, ini merupakan kewajiban kita semua sebagai orang tua, untuk memfasilitasi dan memotivasi mereka yang sedang menekuni hafalan Al-Qur’an pada TPA, MDTA dan Pondok Tahfidz. Begitu juga sebaliknya, kepada anak-anak yang saat ini sedang belajar di TPA, MDTA dan Pesantren ataupun Pondok Tahfidz, jangan sampai berhenti mengaji ditengah jalan. Kuatkan tekad kalian, untuk bisa menyelesaikan hafalan sampai 30 juz,” ujar Syafruddin.

Camat Ulakan Tapakih, juga berpesan kepada para peserta seleksi, tetaplah belajar hingga hafalan kalian mencapai 30 juz. Karena dengan hafal Al-Qur’an, kalian akan menjadi bintang dalam keluarga. Ibaratnya, sebagai penerang dikala gelap dan penyejuk disaat panas. Begitu juga dalam menjalani kehidupan ini, akan diberikan kemudahan oleh Allah SWT.

“Anak-anak yang Hafidz dan Hafidzah itu, pertanda mempunyai kecerdasan otak diatas rata-rata, dan terpihara amal ibadahnya sepanjang hidup dia. Kita bangga memiliki banyak generasi yang Hafidz dan Hafidzah dari Kecamatan Ulakan Tapakih ini,” ungkap Syafruddin menutup pembicaraan.

Diketahui, bahwa kegiatan seleksi hafalan 1 – 4 juz ini, merupakan bagian dari seleksi hafalan 5 – 30 juz, yang akan dilaksanakan oleh Bagian Kesra Setdakab. pada Rabu tanggal 28 April 2021 bertempat di Hall IKK Nagari Parik Malintang. Untuk mewujudkan program Gerakan Seribu Penghafal Al-Qur’an (Gebu Pafa) di Kabupaten Padang Pariaman, sebagaimana Visi Kabupaten Padangpariaman yang Unggul Berjaya (Berkelanjutan, Religius, Sejahtera dan Berbudaya).

Sebelumnya pada tahun 2020 lalu, Pemerintah Kabupaten Padangpariaman juga telah memberikan bantuan beasiswa dalam bentuk tabanas, kepada 183 orang Hafizh/Hafizhah se Kabupaten Padangpariaman. Yang merupakan hasil seleksi, dari 883 orang Hafizh/Hafizhah utusan masing-masing kecamatan. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional