Menu

Kecamatan, Kelurahan dan Sekolah di Payakumbuh, BNN Sumbar Serahkan Penghargaan P4GN

  Dibaca : 60 kali
Kecamatan, Kelurahan dan Sekolah di Payakumbuh, BNN Sumbar Serahkan Penghargaan P4GN
FOTO BERSAMA— Para penerima penghargaan P4GN usai acara dilanjutkan dengan foto bersama.

PAYAKUMBUH, METRO–Langkah pemerintah Kota Payakumbuh dalam Pencegahan dan Pem­be­rantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Nar­kotika (P4GN) diganjar peng­hargaan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Barat.

Hal itu terbukti dengan keluarnya Keputusan Ke­pala Badan Narkotika Na­sional Provinsi Sumatera Barat Nomor: KEP / 159 / VI / KA/ PC.00.03/ 2021/BNNP Tentang Penerima Piagam Penghargaan tertanggal 25 Juni 2021.

Dari 7 yang mendapat piagam penghargaan itu se Sumatera Barat, 3 adalah dari Kota Payakumbuh. Untuk kriteria Perorangan diraih oleh Camat Paya­kum­buh Barat Junaidi, un­tuk kriteria Instansi Peme­rintah diraih oleh kelu­rahan Nunang Daya Ba­ngun, dan Lingkungan Pen­didikan diraih SMAN 5 Pa­yakumbuh.

Camat Junaidi yang dikenal dekat dengan ma­syarakat itu dinilai BNN telah aktif dalam upaya P4GN sejak tahun 2014. Saat bertugas di Kelurahan Bunian, Junaidi mempra­karsai Kelurahan Bunian Bersih Narkoba dengan kegiatan tes urine dan pemberdayaan masya­rakat dalam mencegah dan mengawasi peredaran ge­lap narkoba di kelurahan Bunian.

Selain itu, Junaidi juga aktif mencarikan solusi bagi masyarakat Bunian yang ingin berubah dari keter­gantungan narkotika.

Keaktifan Junaidi da­lam P4GN tidak hanya dila­ku­kan di Kelurahan Bunian saja, saat pindah ke Ke­lurahan Kapalo Koto. Di­balai pun Bapak Junaidi juga mengaktifkan Taruna Anti Narkoba.

Kemanapun Junaidi Ber­­tugas, dia selalu mengambil perhatian khu­sus terhadap perma­sala­han narkoba. Saat men­jabat Camat Payakumbuh Sela­tan, Junaidi mendek­la­ra­sikan Kecamatan Pa­ya­kumbuh Selatan Ber­sinar, dia membawa semua program P4GN seperti Sat­gas, Relawan, Agen Peru­bahan ke Kecamatan Paya­kum­buh Selatan.

Saat berdinas di Keca­matan Payakumbuh Barat, Junaidi mengembangkan program Kelurahan Bers­i­nar pada kelurahan- kelu­rahan yang dipimpinnya. Konsistensi Junaidi selama lebih 8 tahun dalam P4GN yang menjadikannya layak mendapat penghargaan HANI 2021.

Kedua, ada Instansi Pe­merintah Kelurahan Nu­nang Daya Bangun yang dinilai telah melakukan pembentukan Kelurahan Bersinar pertama di Kota Payakumbuh.

Kelurahan Nunang Da­ya Bangun berinisiatif un­tuk menggandeng BNN da­lam mengatasi perma­sa­lah narkoba. Kelurahan Nunang Daya Bangun men­jadi pilot projek program Kelurahan Bersinar.

Saat ini Kelurahan Daya Bangun telah memiliki program IBM dan Agen Pe­mulihan, Ketahanan Ke­luarga dan Remaja, kegia­tan olahraga rutin seperti kompetisi Bad­minton dan Silat, hingga pengem­ba­ngan aspek spiritual bagi masyarakat. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional