Menu

Kebutuhan Sapi Kurban Capai 7.000 Ekor

  Dibaca : 1556 kali
Kebutuhan Sapi Kurban Capai 7.000 Ekor
LPM beserta pemerintahan kelurahan rawang mengadakan syukuran bersama suksesnya acara manunggal BBGRM tahun 2021 dengan makan bajambah bersama.

sapi masyarakat - posmetroweb
AIAPACAH, METRO
Menjelang hari raya kurban yang tinggal satu bulan lebih lagi, peningkatan jual beli sapi di Kota Padang mulai terasa. Sejumlah agen sapi mengaku mulai merasakan adanya penambahan permintaan, terutama khusus untuk sapi jantan.

Suhaimi alias Emi (50), pengumpul sapi di kawasan Kabekbatu, Kelurahan Aiapacah, Kecamatan Kototangah mengaku, jumlah sapi di dalam kandang sudah tersedia sekitar 60 ekor sapi jantan siap jual. Dia memprediksi, sampai Lebaran Idul Adha nanti, permintaan sapi kurban melebihi 235 ekor.

Hal itu berkaca dari permintaan pada Hari Raya Idul Adha tahun lalu. ”Tahun 2014, sapi jantan yang berhasil dijual sebanyak 235 ekor. Mungkin untuk lebaran tahun ini akan lebih,” terang Emi yang mengaku telah menggeluti bisnis jual beli secara turun-temurun ini.

Sapi-sapi yang dijual tersebut ada sebagian dibeli dari dalam Kota Padang. Namun paling banyak dibeli dari luar daerah seperti, Muaro Paneh Solok, Payakumbuh, Pesisir Selatan dan lokasi lainnya.

Saat ini, terang dia, untuk satu ekor sapi jantan dengan berat badan 60 kg dijual dengan harga Rp10.500 ribu. Namun ketika mendekati lebaran, ia memprediksi harganya akan terus naik menjadi Rp11 juta per ekor.

Sementara untuk sapi dengan berat badan dari 80 kg sampai 100 kg dibanderol dengan harga Rp12,5 juta. Biasanya, kata Emi, saat mendekati lebaran, harganya bisa saja melambung ke harga Rp15 juta per ekor.

Biasanya, terang Emi, dia menjual sapi tak hanya dikandang, tapi juga disalurkan di pasar ternak milik Pemko Padang di Aiapacah.

Pembeli bebas memilih langsung sapi mereka secara langsung. Nantinya, kata Emi, sapi itu juga dilengkapi dengan surat keterangan sehat dari Dispernakbunhut Padang.

Dia menyebutkan, untuk sapi sehat bisa dilihat dari ciri-ciri fisik. Yakni bulu licin, mata bersih, tidak  cacat, makan enak. Khusus untuk sapi kurban, umur sapi harus sapi jantan dan berumur di atas 2 tahun. ”Sapi-sapi yang saya tawarkan Insyaallah semuanya sehat,” ujar Emi.

Untuk bisa membeli sapi, pembeli bisa datang langsung ke kandang di Kabekbatu atau akses ke nomor telepon 082386726098.

Pedagang sapi lainnya, Siam mengatakan, jual beli sapi kurban diprediksi akan ramai pada 20 hari jelang lebaran. Sekarang, permintaan sudah mulai ada, walaupun belum signifikan. ”Biasanya 20 hari jelang lebaran haji nanti akan ramai yang beli,” ujar Siam.

Bagi konsumen yang ingin membeli sapi, bisa langsung datang ke kandang sapinya di Balaigadang, Kecamatan Kototangah.

Kepala Dispernakbunhut Kota Padang Heryanto Rustam menyebut, kebutuhan sapi kurban pada hari Raya Idul Adha mencapai 6.930 ekor. Dan tahun ini diprediksi meningkat sekitar 10 persen.

”Kita sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah agen sapi di Kota Padang. Mereka menjamin kebutuhan sapi bisa terpenuhi ketika lebaran nanti,” ujarnya.

Saat ini di Kota Padang jumlah  sapi yang beredar adalah sebanyak 19.302 ekor betina dan jantan, kerbau sebanyak 2.943 ekor. Sementara kambing sebanyak 19.648 ekor. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional