Close

Kebudayaan Tradisional Minangkabau harus Dilestarikan Sepanjang Zaman

PDG.PARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mengajak semua lapisan untuk selu letastarikan semua budaya budaya tradisional minangkabau. Dengan de­mikian semua kebudayaan Minangkabau tersebut a­kan selalu lestari sepanjang zaman. “Karena itulah kita Pemkab Padangpariaman sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan masyarakat Korong sakayan, Nagari Pasie La­weh, Kecamatan Lubuk Alung dalam pekan budaya saayan 2022,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.

Katanya, pekan budaya sakayan 2022 sangat mendukung sekali dalam melestarikan budaya minang­kabau agar selalu  letari kapan saja. Untuk itulah ia mengajak semua masya­rakat untuk terus melaksanakan kegiatan kegiatan kebudayaan sampai tingkat korong.

Seperti pengukuhan ku­lifah dan tuo dikie indang tali haji Muhamaid di Korong Sikayan, Nagari Pasie Laweh, Kecamatan Lubuk Alung ini perlu terus turun temurun, kalau orangnya telah habis masa jabatannya. Semua itu lanjutnya, pentingd alam melestarikan kebudayaan.

Kemudian dalam acara tersebut Suhatri Bur juga memaparkan berbagai pro­gram Padangpariaman berjaya, mulai dari pembangunan fisik dan jenis lain serta  salah satu melestarikan kebudayaan yang dilaksanakan se­kar­ang ini.

Tentang program pembangunan fisik katanya, kalau tidak ada halangan tahun 2023 Pemkab Pa­dang­pariaman akan memasang talut sekitar saluran sungai Korong Saka­yan dan memberikan aspal dari Korong Pasie Laweh sampai ke Korong Gantiang Sikabu. “Untuk itu dukungan semua pihak dalam pelaksanaan program tersebut sanat menentukan bagi kelancaran pelaksanaan program program kita itu. Dengan du­kungan semua otomatis visi dan misi Padangpariaman bertahap terwujud,” tandasnya meng­akhiri. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top