Menu

Kebakaran 4 Ruko PT AWS Memakan Korban, Petugas Damkar dan Karyawan Terluka 

  Dibaca : 173 kali
Kebakaran 4 Ruko PT AWS Memakan Korban, Petugas Damkar dan Karyawan Terluka 
KEBAKARAN— Empat ruko milik PT AWS berisikan berbagai kebutuhan harian mengalami kebakaran yang mengakibatkan dua orang terluka. (ulfa musriadi/posmetro )

BUKITTINGGI,METRO – Empat unit rumah toko (ruko) milik PT Anugrah Wahyudi Sejahtera (AWS) di Jalan By Pass, Kelurahan Pulai Anak Aia, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi mengalami kebakaran hebat, Selasa malam (20/8) sekitar 20.30 WIB. Selain menghanguskan bangunan beserta isinya, kebakaran itu juga mengakibatkan dua orang terluka yaitu karyawan dan petugas Damkar.

Banyaknya barang-barang yang mudah terbakar di dalam ruko, seperti parfum ruangan yang mengandung gas, menjadi pemicu terjadinya beberapa kali ledakan. Hanya dalam waktu singkat, api pun menyebar dan membesar ke seluruh ruko berlantai tiga itu hingga petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi sulit untuk mengendalikan api.

Kobaran api yang membumbung tinggi dan kerasnya suara ledakan, membuat warga sekitar berteriak histeris. Api berhasil dipadamkan 3 jam kemudian setelah 7 unit armada Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Kabupaten Agam, Limapuluh Kota, Solok, Tanah Datar, Padang Panjang, dan Bukittinggi datang kelokasi. Terlihat petugas Damkar harus berjibaku menjinakkan amukan sijago merah yang membara tersebut, mengingat konstruksi ruko yang terbakar  dilapisi besi pelindung.

Salah seorang petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Agam, Alex mengatakan, api diketahui pertama kali muncul dari gudang yang berada di bagian kanan atau pintu kedua. Dari keterangan petugas gudang, api dipicu oleh dinamo lift pengakut barang di dalam ruko jatuh, dan mengenai parfum ruangan, sehingga memicu api dan ledakan.

“Satu orang karyawan yang sedang berkerja mengalami luka bakar ringan sebagian badan. Korban sudah dilarikan ke RSAM Bukittinggi untuk mendapatkan pertolongan medis. Selain membakar empat unit ruko, kebakaran juga menghanguskan sebagian badan truk yang ada di dalam gudang,” ungkap Alex.

Sebanyak tujuh unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Dinas Kebakaran Bukittinggi, Kabupaten Agam, dan sejumlah Damkar Kabupaten Kota tetangga diturunkan ke lokasi membantu upaya pemadaman. Ada dua jam lebih pemadaman api dilakukan. Selama proses pemadaman, ruas jalan By Pass di depan ruko sementara ditutup untuk melancarkan lalu lintas mobil pemadam kebakaran.

Lurah Pulai Anak Aia, Hendra Anthony Hatta mengatakan, kebakaran terjadi di RT II RW II. Awalnya api berasal dari lantai dasar ruko dua tingkat itu. Api begitu cepat menyambar hingga ke lantai dua ruko tersebut.

“Ruko bertingkat tiga itu menjual bermacam-macam kebutuhan sehari-hari, dan saat kebakaran terdengar suara ledakan dari dalam ruko, hal itu membuat petugas pemadam cukup sulit untuk memadamkan api,” ulasnya.

Terpisah Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengatakan dengan banyaknya bantuan dari unit Damkar Kabupaten dan kota tetangga, upaya pemadaman lain dapat berjalan maksimal, dan pada saat upaya pemadaman api ada satu orang petugas dari Damkar Agam yang terjatuh dari tangga atas nama Simon, dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit.

“Tadi kami lihat barang yang ada di dalam ruko, ada yang mengandung gas, seperti, obat pengusir nyamuk, pengharum ruangan dan lainnya. Itu yang memicu adanya ledakan tadi, dan proses pemadaman melibatkan belasan unit mobil pemadam kebakaran, dari Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota,” sebutnya.

Sementara itu Kapolsek Bukittinggi AKP Chairul Amri Nasution, mengatakan, kerugian akibat kejadian ini diperkirakan miliaran rupiah, sementara salah seorang petugas gudang dilaporkan menderita luka bakar ringan. Korban ketika itu sedang lembur, dan sudah dibawa ke RS Achmad Mochtar.

“Olah TKP sudah dilakukan Tim dari INAFIS Polda Sumbar untuk menyelidiki penyebab kebakaran. Di lokasi, juga sudah dipasang garis polisi. Pemadaman tersebut. Seisi bangunan habis terbakar berikut dengan truk yang parkir di gudang. Kalau kerugian ditaksir lebih dari Rp 2 Miliar,” pungkasnya. (u)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional