Menu

Kebakaran, 2 Rumah Semi Permanen jadi Puing

  Dibaca : 528 kali
Kebakaran, 2 Rumah Semi Permanen jadi Puing
KEBAKARAN-Kobaran api saat dua unit rumah semi permanen mengalami kebakaran di Korong Sungai Janiah Nagari Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam.

PDG. PARIAMAN, METRO
Dua unit rumah semi permanen mengalami kebakaran di Korong Sungai Janiah Nagari Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padangpariaman, Minggu malam (6/12) sekitar pukul 21.05 WIB.

Api yang membubung tinggi dan langsung membesar, membuat warga setempat panik. Sembari menunggu petugas Damkar datang, warga bahu membahu memadamkan api dengan menyiramkan air menggunakan ember dan gayung.

Namun upaya warga tak membuahkan hasil. Material bangunan yang sebagian besar dari kayu, membuat api dengan cepat menyebar ke seluruh bangunan. Hampir 20 menit menunggu, sebanyak enam unit mobil pemadam pun tiba di lokasi.

Petugas dengan sigap menarik selang dan langsung menyemprotkan air secara terus menerus ke titik api sembari melokalisir api agar tidak merambat ke banguna-bangunan yang berada di sebelahnya. Tak sampai satu jam, api pun berhasil dipadamkan.
Meski sudah dipadamkan, dua unit rumah itu hanya tinggal puing dan arang. Seluruh barang-barang yang ada di dalam rumah ludes terbakar dan hanya menyisakan pakaian di badan. Penghuni rumah itu terpaksa mengungsi ke rumah sanak saudara karena sudah kehilangan tempat tinggal.

Kapolsek V Koto Kampung Dalam AKP Kasman mengatakan, dua rumah yang terbakar tersebut milik Erman (65) dan Herman (50). Kejadian berawal sekira jam 21.05 WIB, pada saat tersebut korban Erman sedang duduk di teras depan rumah bersama keluarga.

“Erman kemudian masuk ke dalam rumah untuk mengisi ulang baterai senter. Saat di dalam rumah ituah, tiba-tiba korban melihat api telah menyala di kamar belakang yang sudah lama kosong,” kata AKP Kasman.

Ditambahkan AKP Kasman, melihat api sudah membesar, korban langsung berlari ke luar rumah sambil berteriak. Korban bersama anak dan istrinya menyelamatkan diri dari kebakaran itu.

“Mendengar teriakan Erman, korban Herman juga berlari keluar rumah. Pasalnya rumah Erman dan Herman hanya berbatas dinding. Masyarakat sekitar langsung berdatangan ke lokasi untuk memadamkan api dengan alat seadanya serta menghubungi Pemadam kebakaran Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman,” ungkap AKP Kasman.

AKP Kasman menambahkan, sekitar 20 menit kemudian pemadam kebakaran sampai di lokasi. Setelah 30 menit api bisa dipadamkan oleh mobil pemadam kebakaran dengan jumlah mobil kebakaran enam unit armada dari Kota Pariaman, Padangpariaman dan Agam.

“Musibah kebakaran ini tidak ada korban jiwa namun kerugian meterial yang ditimbulkan berupa hangusnya dua unit rumah semi permanen lantai dua beserta isinya dengan jumlah kerugian lebih kurang Rp800 juta. Sementara penyebab dari kebakaran masih dalam penyelidikan,” tutupnya. (z)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional