Menu

Kawasan Agrowisata Sariak Diresmikan Bupati

  Dibaca : 166 kali
Kawasan Agrowisata Sariak Diresmikan Bupati
Bupati Agam, Dr H Andri Warman meresmikan pemakaian Surau Al-Liqo’ dan kawasan agrowisata Sariak di Jorong Sariak Ateh, Nagari Sariak, Kecamatan Sungai Pua, Senin (2/8).

Bupati Agam, Dr H Andri Warman meresmikan pemakaian Surau Al-Liqo’ dan kawasan ag­rowisata Sariak di Jorong Sariak Ateh, Nagari Sariak, Kecamatan Sungai Pua, Senin (2/8). Peresmian ditandai penandatangan prasasti oleh Bupati Agam  Andri Warman disaksikan anggota DPRD Agam, Camat Sungai Pua, Wali Nagari Sariak, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Wali Nagari Sariak, Fitrianos mengatakan, Nagari Sariak adalah nagari yang memiliki banyak potensi, baik di bidang pertanian maupun wisata. “Nagari Sariak adalah nagari pemasok sayur mayur terbesar di Sumbar, untuk memenuhi kebutuhan beberapa daerah dan provinsi di Sumatera,” ujar Fitrianos.

Dikatakan, karena berada di kaki Gunung Marapi, Nagari Sariak memiliki tanah yang subur. Oleh sebab itu, masyarakat meman­faatkannya untuk dijadikan ka­wasan agrowisata. “Kawasan yang dijadikan sebagai agrowisata lebih kurang seluas 96 hektare. Di mana dalam 96 hektare tersebut, juga terdapat beberapa potensi yang bisa dijadikan sebagai objek wi­sata,” ujar Fitrianos.

Dijelaskan, diantaranya wisata religi, yaitu masjid tertua, dan peninggalan situs sejarah seperti, lasuang 12, cancang lauak 16, lasuang gadang, rumah panjang, dan lain sebagainya. “Dengan segala upaya yang dilakukan oleh masyarakat dalam memajukan Nagari Sariak, Alhamdulillah salah seorang tokoh masyarakat, ber­sedia membangun sebuah rumah ibadah yang bernama Surau Al-Liqo’,” jelas Fitrianos.

Fitrianos mengucapkan teri­makasih kepada Angku Dt Rang­kayo Basa, karena telah menjadi donatur dalam pembangunan Surau Al-Liqo.. Bupati Agam Dr H Andri Warman mengapresiasi, masyarakat dan Pemerintah Na­gari Sariak, yang telah bekerja sama dalam memajukan Kabu­paten Agam, khususnya di Nagari Sariak. “Karena hal tersebut se­jalan dengan salah satu program Kabupaten Agam, yaitu me­ngem­bangkan potensi wisata yang ada di daerah,” ujar bupati.

Andri berharap, dengan ada­nya kawasan agrowisata ini, se­moga ke depannya kawasan ini bisa dikelola dengan baik, se­hingga dapat membantu pere­konomian masyarakat di Nagari Sariak. “Ditambah di kawasan ini juga sudah dibangun Surau Al-Liqo, sehingga masyarakat dan wisatawan bisa memanfaat­kan­nya sebagai tempat ibadah,” jelas Andri

Usai peresmian pemakaian Surau Al-Liqo dan Kawasan Ag­rowisata, Bupati Agam Andri War­man beserta rombongan, me­ninjau lokasi wisata petik jeruk dan penggemukan sapi yang berada di kawasan tersebut. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional