Menu

Kawanan Rampok Salah Sasaran, Buntuti Mobil dari Bank, Ternyata Isinya Buser

  Dibaca : 866 kali
Kawanan Rampok Salah Sasaran, Buntuti Mobil dari Bank, Ternyata Isinya Buser
PERAMPOK DITANGKAP— Buser Polres Bukittinggi dibantu warga menangkap dua perampok asal Bengkulu di Pasar Bawah. Penangkapan itu terjadi di kawasan Pasar Bawah, Bukittinggi, Rabu siang (18/11) sekitar pukul 14.00 WIB.

BUKITTINGGI,METRO
Dua sekawan asal Provinsi Bengkulu yang akan melakukan perampokan terhadap nasabah bank, malah salah sasaran hingga ditangkap oleh mangsanya sendiri yang ternyata dua anggota Buser Polres Bukittinggi. Penangkapan itu terjadi di kawasan Pasar Bawah, Bukittinggi, Rabu siang (18/11) sekitar pukul 14.00 WIB.

Proses penangkapan terhadap kedua pelaku berinisial R (27) beralamat di Kepala Curup, Kecamatan Binduriang Rejang Lebong, Bengkulu dan A (35) dari Kampung Jeruk, Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu berlangsung dramatis.

Anggota Buser yang sudah mengetahui kedua pelaku membuntuti mobilnya sejak dari bank, langsung memberhentikan mobil yang dikemudikan secara mendadak. Buser tersebut kemudian turun dari mobil dan berusaha membekuk kedua pelaku, tetapi kedua pelaku malah memberikan perlawanan dan berusaha kabur.

Namun usaha kedua pelaku untuk kabur pun gagal total. Kondisi di kawasan itu memang ramai, warga maupun pengendara yang kebetulan melintas di lokasi ikut membantu Buser itu memegangi kedua pelaku dan kemudian mengikatnya agar tidak bisa lagi melarikan diri. Setelah itu, kedua pelaku dibawa ke Polres Bukittinggi untuk diproses hukum.

Kasat Reskrim Polres Bukittinggi, AKP Chairul Amri Nasution menyebut, kedua pemuda tersebut ditangkap saat akan melakukan aksi perampokan. Mereka diamankan dalam aksi percobaan perampokan terhadap dua anggota buser dari Satreskrim Polres Bukittinggi.

“Kejadiannya siang tadi. Sekarang para tersangka sudah dibawa ke Mapolres diamankan. Kami masih dalami kasus ini karena kuat dugaan mereka ini merupakan bandit yang kerap merampok. Sasaran mereka adalah nasabah bank dengan modus pecah kaca mobil,” kata AKP Chairul.

Dijelaskan AKP Chairul, penangkapan kawanan rampok asal Bengku ini berkat kecurigaan kedua anggotanya usai menarik uang tunai di salah satu bank. Awalnya, seorang anggota buser masuk ke dalam bank dengan maksud melakukan penarikan uang tunai.

“Salah satu tersangka juga berada di lokasi yang sama dan sedang menukarkan uang pecahan Rp 2 ribu. Rekan tersangka satunya lagi menunggu di luar bank di atas motornya. Singkat cerita, selesai menarik uang anggota kita menyusul rekannya yang menunggu di mobil. Setelah itu anggota kita pergi dari bank dan dibuntuti kedua pelaku memakai sepeda motor,” ungkap AKP Chairul.

Sadar dibuntuti, AKP Chairul menuturkan, setiba di kawasan Pasar Bawah kedua tersangka langsung dibekuk dan diamankan dua Buser dibantu seorang personel Polisi lainnya yang juga berada di lokasi penangkapan.

“Jadi, gerak-gerik para tersangka sudah dicurigai semenjak masih berada di bank. Di perjalanan mobil anggota diikuti tersangka menggunakan sepeda motor dan akhirnya mereka ditangkap sebelum sempat beraksi,” jelasnya.

Kepada penyidik, tersangka A mengaku mereka datang ke Bukittinggi dari Bengkulu mengendarai sepeda motor untuk berwisata. Kemudian nekat akan melakukan perampokan karena kepepet uang untuk biaya istri melahirkan. Namun sial, aksinya berakhir di tangan calon korbannya yang tidak lain adalah buser.

“Sejumlah barang bukti telah diamankan berupa satu unit sepeda motor, satu ikat uang pecahan Rp2 ribu, empat unit Hp dan satu cincin besi bermata runcing. Cincin ini diakui tersangka miliknya untuk memecahkan kaca mobil korban,” tutup AKP Chairul. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional