Menu

Kaum Milenial Estafet Penerus Kepemimpinan

  Dibaca : 60 kali
Kaum Milenial Estafet Penerus Kepemimpinan
PEMBUKAAN— Bupati Andri Warman membuka Bimtek Pengamalan ABS-SBK bagi generasi muda yang digelar Dispar Sumbar di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung.

AGAM, METRO–Di masa pandemi Covid-19 ini Perubahan besar dalam sebuah negara atau bangsa dapat dimulai dari membangun generasi muda yang kuat secara pendidikan, keagamaan dan adat istiadat. Sebab, semangat generasi muda di masa pandemi Covid-19 ini sangat di butuhkan untuk membawa perubahan, aktif, energik, kreatif, visioner, pekerja keras, serta mempunyai nilai positif bagi kemajuan bangsa.

Karena itu, sebagai generasi penerus bangsa, kaum milenial khususnya di Kabupaten Agam perlu ditempa dan dibina, salah satunya dalam hal pengamalan Adat Basandi Syara-Syara Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Hal itu merupakan benang merah yang disampaikan Bupati Agam, Andri Warman  saat mem­berikan sambutan pembukaan Bimbingan Teknis Pengamalan ABS-SBK Bagi Generasi Muda yang digelar Dinas Pariwisata Sumbar di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Jumat (9/7).

“Generasi muda atau generasi milenial merupakan generasi harapan kita semua, generasi yang akan melanjutkan perjuangan dan pengabdian untuk bangsa dan negara kedepan, walaupun wabah pandemi Covid-19 melawan kita namun bukan penghalang untuk mewujudkan cita-cita pembangunan bangsa dan negara menuju kemajuan yang berkelanjutan ” ujar bupati.

Dikatakan bupati, generasi milenial harus selalu mengembangkan potensi diri dan meningkatkan kemampuan diri. Se­bab di tangan generasi milenial ter­letak tampuk arah bangsa. “Un­tuk itu saya selaku Bupati Agam sangat senang dengan adanya pelatihan ini, sekaligus berterima kasih kepada Bapak Ismunadi Sofyan, karena atas pokok pikiran beliaulah, generasi milenial di Agam mendapat pembekalan ABS-SBK ini,” ucap Andri.

Menurutnya, perhatian Pemprov Sumbar  dan anggota DPRD Sumbar  sejalan dengan apa yang akan dilakukan Agam untuk berapa waktu ke depan. Bupati tidak memungkiri, generasi muda di Sumbar khususnya di Agam perlu terus diperkuat. Untuk itu, pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah program bagi generasi milenial yang diharapkan menjadi penerus estafet kepemimpinan walaupun tengah menghadapi masa pendemi Covid-19 ini

Disebutkan, Agam juga tengah merancang konsep pendidikan berbasis ABS-SBK, seperti penguatan rumah-rumah tahfidz di seluruh nagari. Rumah tempat mengaji kaum muda itu nantinya bakal dikomandoi langsung oleh camat dan wali nagari. “Kami yakin melalui rumah -rumah tahfidz ini akan lahir pemimpin -pemimpin berkarakter Islami,” kata bupati.

Selain itu, pihaknya juga mem­per­kuat pengamalan konsep ABS-SBK, khususnya di bi­dang pasambahan. Sejumlah tokoh adat sudah digandeng untuk menyukseskan rencana ter­se­but. “Kami juga memperkuat pengetahuan internasional generasi muda, terutama kemampuan berbahasa Inggris, karena ini menjadi bekal sangat penting bagi generasi muda kedepan,” imbuh bupati. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional