Close

Kategori Kota Kecil, Bukittinggi Terima Anugerah Nirwasita Tantra 2021

TERIMA PENGHARGAAN— Walikota Bukittinggi Erman Safar saat menerima penghargaan Anugrah Nirwasita Tantra 2021 kategori kota kecil, Rabu (20/7) di Gedung Manggala Wana Bakti Jakarta.

BUKITTINGGI, METRO–Wali Kota dan Ketua DPRD Bukittinggi terima penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hi­dup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan tersebut diserahkan di Gedung Manggala Wana Bakti Jakarta, Rabu (20/07).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bukittinggi, Aldiasnur menjelaskan, Bukittinggi menjadi satu dari tiga daerah di Sumatra Barat, yang mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2021.

Dimana untuk penghargaan tahun 2021, Nirwasita Tantra diserahkan kepada Wali Kota dan Ketua DPRD Kota Bukittinggi, Wali Kota dan Ketua DPRD Payakumbuh, serta Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, termasuk DPRD Provinsi Su­matra Barat.

“Untuk kategori kota kecil, penghargaan diterima oleh Wali Kota dan Ketua DPRD Bukittinggi. Hal ini terkait dengan setiap program dan inovasi yang dijalankan Pemko Bukittinggi mengenai isu ling­kungan hidup dilaporkan dalam Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD),” ungkapnya.

Laporan ini, lanjut Aldiasnur, setiap tahun disusun dan disampaikan kepada KLHK melalui sistem informasi yang telah dibangun dan selanjutnya dilakukan penilaian oleh Tim Profesional Independen.

“Program yang dinilai antara lain mencakup Indeks Kualitas Udara, (IKU), Indeks Kualitas Air (IKA), Indeks Kualitas Lahan (IKL), Pengelolaan Sampah serta konsep tatanan pembangunan kota,” jelasnya.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, mengungkapkan, sesuai visi misi yang tertuang dalam RPJMD, Bukittinggi menjalankan berbagai program yang mendukung Bukittinggi Hebat dalam sektor kesehatan dan lingkungan. Sehingga, sejumlah upaya dilakukan untuk merealisasikan program berbasis lingkungan hidup.

“Alhamdulillah berkat pe­nyelenggaraan pemerintahan yang berwawasan lingkungan hidup, penghargaan ini dapat kita raih. Prestasi ini tentu tidak lepas dari kerja keras dinas terkait didukung Pimpinan dan Anggota DPRD serta disukseskan oleh masyarakat Bukittinggi. Terima kasih untuk kerja keras ini dan akan kita upayakan untuk mempertahankan serta menigngkatkan di tahun berjalan dan tahun akan datang,” ungkap Erman Safar.

Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial, juga mengung­kapkan rasa syukurnya, karena Bukittinggi berhasil meraih penghargaan Nirwasita Tan­tra tahun 2021. DPRD sendiri memang berkomitmen untuk mendukung seluruh program pemerintah, yang tujuannya untuk kesejahteraan rakyat di seluruh bidang termasuk ling­kungan hidup.

“Kami atas nama ma­syarakat Bukittinggi tentu bersyukur pada Allah atas penghargaan ini. Kami di DPRD akan terus mendukung program pemerintah berbasis masyarakat dan lingkungan. Karena dengan lingkungan yang bersih dan sehat, akan berdampak positif pada kesehatan, keamanan dan kenyamanan warga serta pengunjung Kota Bukittinggi,” ungkap Beny.

Dijelaskan, Nirwasita Tan­tra, merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah yang diberikan kepada Pimpinan Daerah baik eksekutif maupun legislatif, yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan dan program kerja, sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat di da­erahnya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top