Menu

Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 1.006 Orang Sehari 

  Dibaca : 266 kali
Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 1.006 Orang Sehari 
Jasman Rizal Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar

PADANG, METRO–Angka masyarakat Pro­vinsi Sumbar yang positif Covid-19 mencapai puncaknya. Di mana, sebanyak 1.006 orang positif Covid-19, Jumat (16/7).

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal menyebutkan, dengan jumlah ini, maka totalnya telah 60.072 orang masyarakat Sumbar terinfeksi Covid-19.

“Sementara, pasien Co­vid-19 yang sembuh bertambah 340 orang. Sehingga total yang sembuh mencapai 50.978 orang,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Statistik Sumbar itu.

Penambahan jumlah positif Covid-19 tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan 4.300 sampel swab yang dilakukan oleh Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso, di bawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc.

“Kesembuhan pasien Covid-19 setelah dua kali konversi negatif bertambah 340 orang dan meninggal bertambah 8 orang,” ungkapnya.

Dari 1.006 orang ma­syarakat Sumbar yang terkonfirmasi positif tersebut, sebanyak 511 orang di Kota Padang. Kemudian, Kota Padang Panjang (52 orang), Bukittinggi (81 orang), Payakumbuh (11 orang), Solok (tujuh orang), Pariaman (23 orang).

Kemudian, Kabupaten Pasaman (tujuh orang), Padang Pariaman (41 orang), Agam (62 orang), Limapuluh Kota (25 orang), Kabupaten Solok (25 orang), Tanah Datar (22 orang), Sijunjung (delapan orang), Pesisir Selatan (86 orang), Kepulauan Mentawai (11 orang), Pasaman Barat (11 orang), Dharmasraya( sembilan orang), Solok Selatan (14 orang)

Sementara, pasien yang meninggal sebanyak delapan orang, dengan rincian, Kota Padang sebanyak tiga orang, Bukittinggi (satu orang), Kabupaten Pasaman (satu orang), Li­ma­puluh Kota (dua orang), Tanah Datar (satu orang).

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 ini, sebelumnya Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy meminta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di daerah untuk menambah jumlah tempat tidur bagi pasien Covid-19.

Selain antisipasi untuk tingkat keterisian tempat tidur di RSUD, Audy Joinaldy juga meninjau kesiapan ketersediaan oksigen di masing-masing rumah sakit. Ia menyebut saat ini untuk pengiriman oksigen liquid dari Jawa sudah mulai dibatasi karena itu pasokan oksigen untuk Sumbar akan bergantung ke Riau. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional