Close

Kasus Penistaan Agama Muhammad Kece & Yahya Waloni Lanjut

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono.

JAKARTA, METRO–Penyidik Bareskrim Polri masih terus mengusut dugaan kasus penistaan agama dan ujaran kebencian yang menyeret Muhammad Kece dan Ustaz Yahya Waloni sebagai tersangka.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan secepatnya penyidik menyelesaikan berkas perkara kasus itu sebelum nanti diserahkan ke jaksa peneliti untuk tahap satu.

 “Penanganan kasusnya tetap berjalan. Mudah-mudahan, tidak lama lagi, berkas akan selesai, bisa tahap satu diselesaikan ke kejaksaan,” kata Rusdi ketika dikonfirmasi, Jumat (17/9).

Jenderal bintang satu ini menuturkan, hingga sekarang M Kece dan Yahya Waloni masih berada dalam penguasaan penyidik di rumah tahanan (rutan) Bareskrim Polri. Sebelumnya, polisi menangkap M Kece di Bali pada Selasa (24/8) malam.

Saat itu dia langsung ditetapkan tersangka, untuk dibawa ke Bareskrim Polri. Adapun kasus yang menjeratnya terkait dengan penistaan agama. M Kece diduga menista agama Islam lewat kanal media sosial YouTube, dengan menyebutkan Islam sebagai agama terorisme dan menyebut Rasul Muhammad sebagai manusia yang mengajarkan agama kekerasan.

Hanya berselang beberapa hari, Bareskrim kemudian menangkap Ustaz Yahya Waloni. Kasusnya pun mirip terkait ujaran kebencian terhadap agama lain. Kepolisian pun melakukan penahanan terhadap penceramah yang berstatus mualaf itu

Kepolisian sempat melakukan pembantaran terhadapnya lantaran sakit. Namun, usai menjalani perawatan, Yahya Waloni sampai saat ini masih mendekam di tahanan Bareskrim Polri.(cuy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top