Close

Kasus Omicron Bertambah Lagi, Menkes Budi Ungkap Kondisi Klinis Pasien

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan total kasus Omicron yang kini sudah terdeteksi di Indonesia, sebanyak 152 kasus.

JAKARTA, METRO–Menteri Kesehatan (Men­kes) Budi Gunadi Sadi­kin mengungkapkan total kasus Omicron yang kini sudah terdeteksi di Indonesia, sebanyak 152 kasus.

“Ada tambahan 16 (ka­sus, red) dibandingkan dua hari yang lalu,” kata Men­kes Budi dalam konferensi pers, Senin (3/1).

Sebagian besar kasus Omicron di Indonesia bera­sal dari imported case atau pelaku perjalanan luar negeri.  Meski begitu, dite­mukan juga enam kasus di antaranya yang meru­pa­kan transmisi lokal. “Seba­gian besar di Jakarta tapi ada juga yang datang dari Medan, Bali, dan Sura­baya,” ujar Budi.

Pria yang akrab disapa BGS itu mengungkapkan kondisi klinis pasien yang terpapar varian Omicron.

Menurut dia, setengah dari jumlah total kasus Omicron di Indonesia tidak ber­gejala, sementara se­tengah lainnya mengalami gejala ringan. “Artinya, tidak mem­­butuhkan ok­sigen, sa­­tu­rasinya masih di atas 95 persen,” tambah Budi.

Mantan wakil menteri BUMN itu juga mengatakan 23 persen dari total kasus atau 34 orang sudah dinya­takan sembuh.

Dia menekankan tidak ada pasien Omicron yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. Pasien ha­nya diberi obat dan vitamin selama masa karantina dan boleh kembali rumah setelah dinyatakan sem­buh. (mcr9/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top