Menu

Kasus Kriminal Menurun

  Dibaca : 397 kali
Kasus Kriminal Menurun
Ilustrasi

PDG.PARIAMAN, METRO
Kasubag Humas Polres Padangpariaman AKP Emel Sangra menyatakan Jajaran Polres Padangpariaman sepanjang tahun 2020 mencatat angka kasus kriminal di wilayah hukumnya sebanyak 403 kasus.

“Kalau kita kalkulasikan kasus tersebut turun 68 kasus dari tahun sebelumnya yang mencapai 471 laporan,” kata Kasubag Humas Polres Padangpariaman AKP Emel Sangra, kemarin.

Katanya, laporan kasus turun sedangkan penyelesaiannya meningkat menjadi 75,68 persen, tahun sebelumnya (2019) hanya 40,98 persen.

Ia mengatakan penurunan laporan kasus kriminal dan peningkatan penyelesaian tersebut tidak terlepas dari partisipasi masyarakat di wilayah hukum Polres Padangpariaman.

Meskipun terjadi penurunan laporan kasus dan peningkatan penyelesaian namun pihaknya menyebutkan jenis kriminal di Padangpariaman masih didominasi oleh pencurian.

Oleh karena itu pihaknya berharap seluruh lapisan masyarakat untuk terus membantu kepolisian guna menekan terjadinya kejahatan.

Pihaknya menyebutkan pada 2020 laporan kasus kriminal yang menonjol yaitu pencurian dengan pemberatan 108 kasus, pencurian kendaraan bermotor 70 kasus, pencurian biasa 46 kasus, pencurian dengan kekerasan 20 kasus, dan pencurian ternak tujuh kasus.

Lalu penganiayaan 51 kasus, penggelapan 44 kasus, perlindungan anak 28 kasus, penipuan atau perbuatan curang 18 kasus, penganiayaan secara bersama-sama tujuh kasus, dan pembunuhan 44 kasus.

Kepala Satuan Reskrim Polres Padangpariaman AKP Ardiansyah Rolindo Saputra mengatakan pandemi COVID-19 menjadi faktor tingginya angka pencurian di wilayah hukum instansi tersebut.

Meskipun terjadi penurunan laporan kasus pencurian kendaraan bermotor sebanyak 34 kasus dari tahun sebelum karena penerapan pembatasan sosial berskala besar namun pada masa pandemi pencurian dengan kekerasan meningkat 19 kasus dari tahun sebelumnya.

Ia meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan tetap menerapkan kunci ganda untuk kendaraan bermotor. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional